Kunarso Pimpin Dewan Rempah Kaltim Periode 2017 - 2021
11 Agustus 2017 Admin Website Berita Kedinasan 303
Kunarso Pimpin Dewan Rempah Kaltim Periode 2017 - 2021

SAMARINDA. Setelah melaksanakan musyawarah wilayah (muswil) maka terpilih secara aklamasi Ir H Kunarso MP untuk memimpin Dewan Rempah Indonesia (DRI) Kaltim periode 2017-2021.

Plh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim H Sukardi, SP. MSi mengharapkan DRI mampu mengembalikan kejayaan rempah Kaltim.

“Rempah kita pernah jaya dan saya berharap DRI bisa mengembalikan kejayaan itu,” katanya saat membuka Muswil DRI Kaltim di Ruang Rapat Hevea Disbun Kaltim, Rabu (9/8).

Keberadaan DRI menurut dia, aka nada pemikir-pemikir yang mampumendorong peningkatan kualitas dan daya saing rempah.

Dia menyebutkan ada 18 jenis rempah yang potensial dikembangkan di Kaltim namun hanya beberapa jenis yang telah dikembangkan.

Diantaranya, lada dan cengkeh, kayu manis, wijen dan kumis kucing termasuk beberapa jenis tanaman pangan seperti jahe, ketumbar, kunyit dan pinang.

Selain itu, upaya untuk mengembalikan kejayaan rempah Kaltim yakni melakukan kegiatan hilirisasi produk  rempah.

Juga, penyediaan benih unggul bermutu, budidaya tanaman pola panen dan pasca panen hingga pengolahan serta pemasaran hasil rempah.

“Kepengurusan DRI ini hendaknya mampu meletakkan dasar yang kuat dalam membangun rempah Kaltim,” harapnya.

Dia menambahkan rempah Kaltim yang masih jaya dan bertahan dengan kualitas tinggi serta dilepas Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul nasional yakni Lada Putih berupa Malonan 1.

Dewan Pengurus Harian DRI Kaltim periode 2017-2021 diketuai Ir H Kunarso, MP dibantu Wakil Ketua Profesor Dr Ir Krishna Purnawan Candra, MS, Sekretaris Mulyadi dan Wakil Sekretaris Siti Wahyuni, SH serta Bendahara Lani Tanuwijaya.

Muswil dihadiri unsur pemerintah, petani, pelaku usaha budidaya, perusahaan pengolahan hasil, pemasaran, UMKM, perguruan tinggi, pemerhati dan peminat, pengembangan, pemanfaatan dan pelestarian rempah Kaltim.(yans/adv)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait