Kubar Kekurangan Tenaga 58 PPL
28 Agustus 2008 Admin Website Artikel 516
#img1# Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kubar H Achmad Sofyan ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini. Ia menyebutkan, dengan kurangnya jumlah PPL, seorang PPL harus memberikan penyuluhan di 2 sampai 3 kampung lebih.

Upaya pembinaan PPL di Kubar, H Achmad Sofyan mengatakan, setiap bulan sekali ada pertemuan teknis PPL di Balai Penyuluhan Petani (BPP). Kemudian, setiap penyuluh mempunyai Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) kumpul setiap bulannya untuk mengadakan pertemuan memberikan informasi-informasi baru serta membahas rencana yang akan dilakukan oleh kelompok tani.

Ia menjelaskan, adapun tugas PPL adalah merencanakan pertemuan-pertemuan pada kelompok tani yang tergambar dalam program yang dibuat oleh PPL setiap tahunnya, sehingga menjadi dasar bagi PPL dalam memberikan penyuluhan serta melakukan pembinaan pada kelompok tani. "Mudah-mudahan kekurangan 58 PPL bisa segera terpenuhi, agar nanntinya dalam memberikan penyuluhan pada kelompok tani dapat maksimal," harapnya. Ke depan direncanakan akan dibentuk Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan yang secara khusus membidangi tenaga penyuluh, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya PPL dapat lebih maksimal.

Selain itu, Kasi Kelembagaan Penyuluh Dinas Pertanian Bambang Winarno menambahkan, untuk saat ini Kubar memiliki sekitar 42 Petugas Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL- TB) Penyuluh Pertanian dari Pusat dengan rincian terdiri dari 2007 sekitar 9 orang dan tahun 2008 ada 33 orang yang diseleksi oleh Pusat.

Untuk diketahui, Kubar memiliki 8 BPP yang tersebar di Kecamatan Barong Tongkok, Melak, Linggang Bigung, Muara Lawa, Long Iram, Bongan, Penyinggahan, Long Pahangai. Dan untuk tahun 2008 rencananya akan ditambah 2 BPP lagi di Kecamatan Nyuatan dan Bentian Besar.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 28 AGUSTUS 2008

Artikel Terkait