Kaltim-Kalsel Barter Bibit Unggul Perkebunan
14 Maret 2018 Admin Website Berita Daerah 389
Kaltim-Kalsel Barter Bibit Unggul Perkebunan

SAMARINDA. Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) melakukan kerja sama dengan Disbun Kalimantan Selatan (Kalsel) terkait pembangunan kebun rakyat. Hal itu diungkapkan Kepala Disbun, Kaltim Ujang Rachmad usai Rapat Koordinasi Pangan se-Kaltim di Pendopo Lamin Etam, Rabu (14/3) pagi tadi.

Menurut dia, dalam perjanjian Kalsel merencanakan dan melaksanakan pengiriman (mendatangkan) bibit karet Okulasi Mata Tidur (OMT) dan biji karet bermutu tinggi ke Kaltim. Sebaliknya, Kaltim akan mengirimkan bahan bibit lada varietas Malonan 1 (unggul nasional) dan Aren Genjah ke Kalsel. "Jadi kita akan barter atau bertukar bibit unggul perkebunan dengan Kalsel," katanya. Kerja sama kedua belah pihak untuk mencapai peningkatan produktivitas kebun dan pendapatan petani serta  terbangun usaha perkebunan yang berkelanjutan.

Selanjutnya, Disbun Kaltim melakukan pemantauan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan kebun rakyat dengan pengiriman biji Karet OMT dari daerahnya. Termasuk penerimaan bibit lada varietas Malonan 1 dan Aren Genjah serta pengiriman bibit dan pemasaran kembali pengolahan bahan baku karet/bibit karet menjadi bibit karet siap salur di Kalsel.

Sementara itu Disbun Kaltim berkewajiban mempersiapkan, menyediakan dan mengirimkan bibit lada varietas Malonan 1 dan Aren Genjah ke Kalsel. Selain itu, melakukan pembinaan teknis bagi petani pekebun guna rencana penerimaan bibit dan biji karet OMT di Kaltim. "Terpenting kita akan melakukan pengolahan bibit dan biji karet OMT menjadi bibit karet siap salur untuk dijual kembali ke Kalsel," ungkapnya. Ujang menambahkan kerja sama untuk mengusahakan percepatan pelaksanaan pembangunan kebun rakyat dan pendapatan petani kebun baik di Kaltim maupun Kalsel. (yans/sul/humasprov)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait