Ikan Pesut Jadi Logo Penas KTNA 2011
28 Februari 2011 Admin Website Artikel 324
IKAN Pesut menjadi logo resmi Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII yang akan dihelat 18 - 23 Juni 2011 di Stadion Madya Tenggarong Seberang, Kukar. Pesut  merupakan ikan khas yang hanya ada di Kalimantan Timur dan hidup di Sungai Mahakam. Demikian disampaikan Ketua Umum KTNA Nasional Winarno Tohir di sela rapat pleno KTNA Provinsi Kaltim di Aula  Lamin Etam, Samarinda, Kamis (24/2).

Winaryo menjelaskan, gambar Ikan Pesut yang terlihat dalam logo KTNA dapat diartikan dengan geliat ikan pesut berwarna merah melambangkan dinamika petani-nelayan Indonesia dengan semangat yang membara, berupaya membangun perekonomian petani nelayan yang mandiri.

Sementara Riak Gelombang Sungai Mahakam, melambangkan momentum 3 unsur, yakni Kontak Tani Dewasa, Wanita Tani, dan Pemuda Tani, guna meningkatkan gerakan penguatan kelembagaan ekonomi Petani Nelayan dari Bumi Kutai Kartanegara.

Sedangkan untuk Huruf dan Angka menggambarkan ciri khas budaya/etnis Kaltim sebagai tempat penyelanggaraan Penas XIII 2011. Keterangan warna merah, kuning, hijau, biru, hitam dan putih adalah warna khas/spesifik masyarakat Kaltim.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa dari bumi Kutai Kartanegara dapa meningkatkan peran Kontak Tani Nelayan melalui penguatan kelembagaan petani nelayan untuk meningkatkan pendapatan petani nelayan Indonesia.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 28 PEBRUARI 2011

Artikel Terkait