Gubernur: Jaga Kekompakan dan Kerjasama Yang Baik
17 Desember 2012 Admin Website Artikel 357

SAMARINDA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan jajaran Pemprov Kaltim memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan dearah. Tugas dan tanggung jawab tersebut adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan strategi pembangunan untuk menjadi daerah maju di masa depan.

"Ketiga tugas dan tanggung jawab tersebut sudah kita lakukan bersama selama pelaksanaan RPJMD Kaltim 2009-2013 yang sudah memasuki tahun keempat. Jika kita lihat ke belakang sudah banyak keberhasilan yang kita capai, disamping menjadi kebanggaan ini juga merupakan suatu hal yang sangat bagus yang dapat terus memacu kinerja kita," ucap Awang Faroek saat menjadi pembina dalam Apel Bulanan di lingkungan Pemprov di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (17/12).

Gubernur menjelaskan capaian keberhasilan selama empat tahun terakhir dapat diraih Pemprov serta SKPD di lingkungan Pemprov berkat kerja keras, kerja cerdas serta dengan kekompakan dan kebersamaan dibawah koordinasi Sekprov bersama Asisten serta Kepala SKPD.

"Dalam kurun waktu empat tahun ini, setidaknya 67 penghargaan yang telah saya terima. Termasuk penghargaan untuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (LAKIP), dimana kita selama empat tahun berturut-turut (2009, 2010, 2011 dan 2012) mampu menempati peringkat pertama dari 33 provinsi se-Indonesia," jelasnya.

Gubernur menambahkan Pemprov juga sedang menyusun RPJMD 2014-2018, yang akan fokus mewujudkan Kaltim yang lebih sejahtera, demokratis dan berkeadilan, serta memperkuat perekenomian daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan.

"RPJMD yang kita susun bersinergi kepada dua strategi pembangunan utama nasional sebagai kunci keberhasilan, yakni MP3EI dan MP3KI, yang menjadi payung dari semua kegiatan pembangunan infrastruktur dan percepatan penuntasan kemiskinan di Indonesia," tambahnya.

Disamping itu, lanjut dia, seluruh SKPD harus terus melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka, terutama dalam penerapan empat strategi pembangunan yang harus dijadikan dasar dan dilaksanakan dengan baik, yakni pro growth, pro job, pro poor dan pro environment, ditambah dengan mewujudkan integritas dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Potret lah SKPD sendiri dengan baik, apakah sudah melaksanakan tugas dengan baik? Lakukanlah otokritik kedalam, sehingga kita bisa mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan selama ini," ucapnya.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh jajaran Pemprov untuk senantiasa terus menjaga kekompakan, kerjasama yang baik dibawah koordinasi Sekprov dan Asisten. Pada kesempatan itu, Gubernur juga kembali mencanangkan 2013 sebagai Tahun Peningkatan Kinerja dan Prestasi bagi seluruh jajaran Pemprov Kaltim.

 

"2013 harus terus menunjukkan keberhasilan. Kita tidak boleh santai lagi, kita harus bekerja keras dan cerdas untuk mewujudkan Kaltim sebagai pusat agroindustri dan energi terkemuka menuju masyarakat adil dan sejahtera," harapnya.(her/hmsprov).

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM 

 


Artikel Terkait