Galakkan Lagi Kebun Kelapa di PPU
02 Mei 2014 Admin Website Berita Daerah 294
Galakkan Lagi Kebun Kelapa di PPU
PENAJAM. Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) PPU berencana kembali menggalakkan perkebunan kelapa buah. Kepala bidang (Kabid) Perkebunan, Dishutbun PPU, Andi Halis, mengatakan akan menyediakan bibit kelapa bermutu di atas lahan lima hektare di Pantai Nipahnipah.
 
"Itu sesuai arahan Badan Penelitian Kelapa Kota Manado yang survei pada 2012," ujarnya. Andi menuturkan, Dishutbun melirik bibit kelapa untuk mengejar peluang sebagai kabupaten pertama di Kaltim yang menjadi sentra produksi kelapa. Buah kelapa sangat berguna seperti dijadikan santan.
 
"Selama ini komoditas terlaris hanya kelapa sawit dan karet. Tidak sadar bahwa potensi kelapa buah sangat besar. Saat ini banyak petani tidak mau berkebun buah itu. Tetapi jika produksi berkurang, pasti harga kembali melambung. Itulah yang kami kejar," tambahnya.
 
Andi mengatakan, upaya mengembalikan gairah menanam kelapa sedikit berat. Pola pikir petani sulit diubah terutama mereka yang sudah nyaman dengan hasil kelapa sawit dan karet. Untuk itu, Dishutbun akan melakukan pendekatan dan sosialisasi ulang untuk menyamakan persepsi dengan para petani.
 
"Kejadian seperti ini mengingatkan saya saat pertama kali menyosialisasikan petani untuk menanam sawit beberapa tahun lalu. Saat ini telah berhasil. Saya optimistis program yang termasuk cita-cita saya ini dapat terealisasi kembali," ungkapnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 2 MEI 2014

Artikel Terkait