Dua Investor Masuk Karangan
23 Maret 2010 Admin Website Artikel 309
#img1# "Dengan adanya dua perusahaan besar perkebunan kelapa sawit masuk Kecamatan Karangan, kita harapkan perekonomian warga juga semakin membali di masa mendatang. Bahkan perusahaan itu sedang dalam tahap pembangunan pabrik Cruide Palm Oil (CPO)," kata Camat Karangan H Suwandi.

Dua perusahaan yang sudah menanam kelapa sawit di Karangan adalah PT Telen dan PT Guntasamba. Keduanya telah melakukan investasi ratusan juta untuk membangun perkebunan kelapa sawit tersebut. Bahkan tenaga kerja yang ada, sebagian juga direktur dari tenaga kerja lokal.

Masuknya dua perusahaan perkebunan kelapa sawit di wilayah kecamatan Karangan ini memang sudah lama. Sebab, sebelum wilayah ini dimekarkan menjadi kecamatan sendiri, perkebunan tersebut sudah berada di sana, meski belum seluruh luasan areal ditanami. Saat ini hampir semua areal milik perusahaan sudah tertanami dengan baik.

Jika masuk dalam areal perkebunan PT Telen dan PT Guntasamba tanaman sawit terlihat hijau sejauh mata memandang. Sebab. tanaman kelapa sawit sudah tumbuh hijau dengan hamparan yang cukup luas. "Dua perusahaan itu sebagian masuk di wilayah kecamatan Kaubun dan sebagian lagi di wilayah kecamatan Karangan," jelas Suwandi.

Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Sangatta Selatan ini berharap dengan adanya perusahaan perkebunan kelapa sawit ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. "Terlebih lagi jika program pola kemitraan antara masyarakat dan perusahaan bisa terealisasi, tentunya bakal mampu meningkatkan perekonomia masyarakat," ujar Suwandi.

Setidaknya dengan adanya pola kemitraan seperti itu, masyarakat tidak lagi menjadi penonton. Apabila pihak perusahaan melakukan panen dan dapat menikmati hasil kebunnya dengan baik, masyarakat juga memiliki hasil yang sama meski perolehan hasilnya berbeda dengan perusahaan.

"Selama ini masyarakat sudah memperoleh manfaatnya. Setidaknya rekrutmen tenaga kerja sebagian dari tenaga lokal. Hal ini akan menambah perekonomian masyarakat setempat. Kita harapkan kerjasama seperti itu perlu terus ditingkatkan di masa mendatang," kata Suwandi.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 23 MARET 2010

Artikel Terkait