DPRD Kotawaringin Barat Kunjungi Disbun
20 Maret 2015 Admin Website Berita Kedinasan 531
DPRD Kotawaringin Barat Kunjungi Disbun

SAMARINDA. DPRD Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka melakukan studi bandung dan upaya mencari masukan terkait rancangan Peraturan Daerah kemitraan pembangunan perkebunan antara petani rakyat dengan perusahaan swasta kelapa sawit, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim.

Rombongan DPRD Kotawaringin Barat yang diketuai Mulyadin bersama 6 anggota DPRD Kobar dan 2 staff DPRD diterima Kadisbun Prov Kaltim Ir. Hj. Etnawati beserta jajaran di Ruang Rapat Havea Disbun Prov Kaltim Selasa (17/03). Dalam kesempatan tersebut Ir.Hj. Etnawati memaparkan mengenai pembangunan perkebunan di provinsi Kaltim s/d tahun 2014 meliputi komoditi utama yaitu kelapa sawit, karet, lada, kelapa, kopi dan kakao. Dengan luas keseluruhan lahan mencapai 1.175.822 Ha dan 1.024.971 Ha diantaranya adalah untuk lahan kelapa sawit. Jumlah ini sesuai dengan Program Gubernur Kaltim Drs. H. Awang Faroek Ishak, MM, M.Si. yaitu Program 1 juta Sawit tahap I.

"Kunjungan kerja DPRD Kobar ke Disbun Prov Kaltim tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Disbun Kaltim. Kita bisa berbagi terkait Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 03 Tahun 2008 Tentang Kemitraan Pembangunan Perkebunan di Provinsi Kalimantan Timur," kata Etnawati.

Sementara ketua rombongan DPRD Kobar Mulyadin memaparkan mengenai kondisi wilayah Kobar yang sangat memiliki potensi perkebunan terutama perkebunan kelapa sawit.

"Kita hanya ingin menjaga dan mengatur hak petani rakyat dalam kemitraan dengan perusahaan swasta terutama untuk kelapa sawit di Kobar. Jadi hubungan kemitraan yang terjalin antara petani rakyat dengan perusahaan swasta dapat berjalan dengan selaras," kata Mulyadin.

Kunker ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan terbaik dalam penyusunan Perda Kobar mengenai kemitraan pembangunan perkebunan antara perusahaan swasta dengan petani rakyat agar pada masa ke depan petani rakyat dan perusahaan dapat bekerja sama melakukan pembangunan perkebunan dengan baik demi kemajuan Kobar. (kiki/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait