Disbun Terus Mendorong Kabupaten/Kota Membentuk KTPA
05 November 2021 Admin Website Berita Daerah 51
Disbun Terus Mendorong Kabupaten/Kota Membentuk KTPA

TANJUNG REDEB. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar sosialisasi dan pembentukan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Hotel Grand Parama Kabupaten Berau, Kamis 4 November 2021.

"Kebakaran lahan dan kebun terjadi setiap tahun, apalagi di musim kemarau," kata Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad diwakili Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda.

Sosialisasi yang dibuka Plt Kadisbun Kabupaten Berau Amran Arief, Asnirilda menjelaskan permasalahan mendasar dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan kebun (Karlabun) adalah belum memadainya sarana, prasarana dan sumber daya manusia untuk pengendalian di lapangan.

"Karenanya, kami terus mendorong terbentuknya KTPA di setiap kabupaten dan kota," tambahnya.

Kehadiran KTPA menurut dia, sangat penting dalam pencegahan dan pengendalian dini di lapangan, sehingga kebakaran dan lahan dan kebun yang terjadi bisa diatas dengan cepat.

Bàginya, sangat diperlukan keterlibatan pihak perusahaan besar swasta melalui kemitraan dengan KTPA yang difasilitasi pemerintah kabupaten dan kota.

"Sehingga pencegahan dan pengendalian Karlabun bisa lebih maksimal," ungkapnya.

Disebutkan, terhitung tahun 2020, Disbun telah membentuk 86 regu pengendalian Karlabun, terdiri 1 brigade (satuan tugas tingkat provinsi), 4 brigade tingkat kabupaten dan 81 KTPA di empat kabupaten.

Asmirilda menambahkan dalam waktu dekat pihaknya melakukan kunjungan, sekaligus sosialisasi pembentukan KTPA di kabupaten dan kota lainnya di Kaltim. (yans/sdn/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait
Layanan Perkebunan Online
Info Permohonan Informasi
Layanan Pengaduan
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 1183
Halaman Dikunjungi Hari Ini 2867
Total Pengunjung 107180
Total Halaman Dikunjungi 505083
Government Public Relation