Disbun Minta Waspadai Cuaca Ekstrem
09 Agustus 2012 Admin Website Artikel 322

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim meminta kepada masyarakat petani agar mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi saat ini, yang ditandai dengan cuaca yang sangat panas.

"Cuaca ekstrem yang terjadi dapat menimbulkan bencana, misalnya kebakaran lahan kebun dan hutan, sehingga masyarakat pekebun, termasuk perusahaan perkebunan diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar", kata Kepala Disbun Kaltim, Ir Etnawati kemarin.

Menurut dia, dampaknya tentu tidak akan terkendali, bila hal itu terjadi, maka kebakaran akan menyebar dengan cepat di sekitar lahan. Bahayanya, kebakaran dapat berimbas terhadap pemukiman masyarakat.

Kebakaran tersebut, lanjut dia, bukan hanya disebabkan dari perbuatan manusia, tapi bisa juga dengan adanya gesekan kayu yang kering di kawasan hutan tersebut. Karena itu, pengusaha perkebunan diharapkan berhati-hati dalam mengelola lahan tersebut.

"Kami berharap Disbun Kabupaten kota se Kaltim juga dapat memberikan himbauan terkait permasalahan ini dan sepakat untuk segera memaksimalkan usaha-usaha pencegahan kebakaran lahan sedini mungkin", jelasnya. (rey)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait