Disbun Libatkan Swasta Tanam Tumbuhan Ekonomis
29 November 2011 Admin Website Artikel 331
SAMARINDA. Dalam upaya pelaksanaan tanam dan pelihara 1 Miliar Pohon olah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disinkronkan dengan program Kaltim Green, maka dinas Perkebunan Kaltim bersama Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kaltim melakukan penanaman khususnya tumbuhan skala ekonomis.

“Dalam program daerah guna mendukung program nasional, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerukan agar melakukan tanam pohon melalui Program Kaltim Green dengan One Man Five Tree (Omfit/ satu orang menanam lima pohon),” kata Plt Kepala Dinas Perkebunan Kaltim HM Sa’bani didampingi Sekretaris Disbun Kaltim Hj  Siti Rahmi usai penanaman pohon di UPTD Teknologi Terapan Perkebunan Km.41 Loa Janan, Senin (28/11).

Menurut dia, kegiatan yang dicanangkan secara serentak di seluruh Indonesia ini merupakan gerakan untuk menggugah setiap warga untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan khususnya untuk melestarikan tanaman yang memiliki nilai ekonomis.

Berarti tanaman yang ditanam saat ini merupakan jenis tumbuhan yang nantinya akan menghasilkan (berproduksi) baik buah maupun kulitnya serta bagian lainnya. Karenanya, yang ditanam berupa kayu manis,  kemiri dan pala serta arena termasuk karet atau diluar lima komoditi unggulan perkebunan seperti kelapa dalam, kelapa sawit, kopi, lada dan kakao.

Walaupun secara umum diinstruksikan untuk menanam jenis Trembesi, namun Disbun lebih memprioritaskan komoditi skala ekonomis atau tanaman mampu menghasilkan. Namun demikian, tetap menanam Trembesi walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

“Sehingga melalui momen menanam dan pelihara 1 Miliar Pohon serta Kaltim Green, diharapkan mampu memotivasi petani kita agar menanam tumbuhan skala ekonomis atau tanaman yang selain dapat bermanfaat untuk menurunkan emisi karbon juga dapat berproduksi dan memiliki nilai jual bagi petani,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Disbun Kaltim Bambang Fazrul Fallah mengatakan kegiatan menanam kali ini serentak dilaksanakan seluruh Dinas Perkebunan di kabupaten dan kota dengan melibatkan Gapki se-Kaltim.

“Untuk tingkat provinsi terbagi di tiga lokasi namun dipusatkan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Teknologi Terapan Perkebunan (T2P) di Km 41 Loa Janan, sedangkan dua lokasi lainnya yakni Km 29 Desa Karya Merdeka Kecamatan Samboja  dan Desa Tanah Datar Kecamatan Muara Badak  Kabupaten Kutai  Kartanegara,” ujar Bambang F Fallah.

Ditambahkannya, jumlah tumbuhan yang ditaman sebanyak 2 ribu pohon masing-masing untuk  UPTD T2P di Km 41 Kecamatan Loa Janan sekitar 800 pohon dan  Km 29 Desa Karya Merdeka Kecamatan Samboja sebanyak 500 pohon serta Desa Tanah Datar Kecamatan Muara Badak  sekitar 700 pohon.

Ikut hadir dan melakukan penanaman oleh pengurus serta anggota Gapki Kaltim di Km 41 Kecamatan Loa Janan diantaranya PT Telen, PT Rea Kaltim Plantation, PT Agro Simal, PT Jaya Mandiri Sukses dan PT Hanusentra Agro Lestari serta PT Tanjung Bunyu Perkasa Plantation.

SUMGER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait