(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Latih Petugas Tanggap Atasi Kebakaran Lahan dan Kebun

10 Oktober 2014 Admin Website Berita Kedinasan 2267
Disbun Latih Petugas Tanggap Atasi Kebakaran Lahan dan Kebun

SAMARINDA. Maraknya kebakaran lahan akibat musim kemarau yang melanda saat ini, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Pelatihan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun guna pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan kebun di wilayah Kaltim selama tiga hari, 7-9 Oktober 2014, di Samarinda.

Kepala Disbun Kaltim, Hj. Etnawati didampingi Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto mengatakan kebakaran lahan dan kebun hampir terjadi setiap tahun, terutama pada musim kemarau panjang. Ekstensifikasi lahan yang tidak ramah lingkungan juga menjadi salah satu penyebab kebakaran lahan yang berdampak negatif pada beberapa aspek, baik ekonomi, sosial, ekologis maupun politis.

"Masalah kebakaran lahan dan kebun merupakan hal yang wajib dicegah, agar tidak terjadi kerusakan pada lingkungan," ujar Etnawati, saat ditemui di kantor Disbun, Rabu (08/10) kemarin.

Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pengarahan tentang fungsi dan tatacara penggunaan peralatan pemadam kebakaran yang kemudian dilanjutkan praktik lapangan di Kebun Raya Unmul Samarinda, diikuti sebanyak 30 orang peserta dari dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota dan perusahaan perkebunan yang ada di Kaltim dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Perlidungan Ditjenbun Jakarta dan UPTD PKHL Dinas Kehutanan Kaltim.

"Dengan adanya pelatihan ini, maka tersedia petugas pengendalian kebakaran lahan dan kebun yang mampu memberikan petunjuk dan pembinaan kepada masyarakat dalam melakukan pembukaan lahan tanpa bakar, jugatersedia petugas yang mampu mendeteksi adanya hospot (titik api) yang timbul dengan menggunakan satelit," harap Etnawati. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait