(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Catatan Kunjungan Disbun Kaltim ke Negeri Laskar Pelangi (1)

08 Desember 2011 Admin Website Artikel 2178

TANJUNG PANDAN. Orientasi Lapangan dalam rangka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Perkebunan Kaltim 2011, dimulai dengan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rombongan yang terdiri dari 35 orang peserta dari Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim dan Kabupaten/Kota se Kaltim disambut langsung oleh Sekretaris Dinas, Destika Efenli.

"Selamat datang di Negeri Laskar Pelangi", sambut hangat beliau di ruang rapat Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Kamis (08/12) siang tadi. 

Dihadapan peserta rombongan, Destika Efenli memaparkan gambaran umum tentang Kabupaten Belitung dan acara ini diakhiri dengan saling bertukar cindera mata antara pimpinan rombongan dari Disbun Kaltim, Ir H Yus Alwi Rahman dengan Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Destika Efenli.

Selain peserta rombongan, acara ini juga dihadiri oleh pejabat di lingkungan Dinas Pertanian  dan Kehutanan Kabupaten Belitung. Pelaksanaan orientasi lapangan ini rencananya akan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi kebun lada yang terletak ± 30 KM dari kantor dinas sebagai studi banding kegiatan Gerakan Lokal Lada di Kalimantan Timur yang baru dimulai tahun ini, mengingat Kabupaten Belitung merupakan daerah yang berhasil mengembangkan komoditas lada di Indonesia.

Sampai dengan beberapa waktu lalu, lada merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Kalimantan Timur yang cukup penting, yang dikenal dengan mutu white pepper Samarinda. Setelah harga komoditi tersebut jatuh di pasaran dunia sampai pada titik yang paling rendah dan bencana kebakaran lahan serta kemarau panjang yang melanda Kalimantan Timur tahun 1982 yang lalu produksi lada Kalimantan Timur menurun secara drastis, sehingga sejak saat itu Kalimantan Timur tidak lagi tercatat sebagai pengekspor  lada. (rey)

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM

Artikel Terkait