Wagub: Komitmen Kaltim Penas XIII Harus Sukses
12 Mei 2011 Admin Website Artikel 326

SAMARINDA - Wakil Gubernur H Farid Wadjdy menegaskan Kaltim sangat siap melaksanakan Pekan Nasional (Penas) XIII Petani dan Nelayan di Tenggarong, Juni mendatang. Sejak ditetapkan sebagai tuan rumah, pasca Penas XII di Sumatera Selatan, Pemprov dan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan persiapan demi sukses ajang pertemuan para petani nelayan se Indonesi.

Penegasan tersebut disampaikan Farid Wadjdy saat menyampaikan laporan kesiapan Kaltim terkait rencana pelaksanaan Penas XIII kepada Menteri Pertanian RI Suswono dan Staf Khusus Presiden Bidang Pangan dan Energi, Prof Dr Yusuf di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Selasa malam (10/5).

"Pemprov dan Pemkab Kukar sudah berkomitmen, apapun yang terjadi, Penas XIII harus sukses. Oleh karena itu, segala kekuatan akan kita curahkan demi sukses tersebut," tegas Farid Wadjdy.

Meski secara umum penyelenggaraan Penas sudah dinilai cukup siap, baik secara umum maupun secara teknis, namun untuk menghindari berbagai kemungkinan terburuk terkait penyelenggaraan tersebut, Farid Wadjdy juga mengutarakan sejumlah hal yang diakuinya masih memerlukan koordinasi dan komunikasi lebih matang.

Persoalan-persoalan tersebut diantaranya adalah terkait masih diperlukannya koordinasi lebih lanjut tentang rencana kehadiran para pejabat pusat saat pelaksanaan Penas XIII.

"Sampai hari ini nama-nama pejabat yang akan hadir belum seluruhnya kami diterima. Pada saatnya, masalah ini akan sangat bersinggungan dengan pelayanan transportasi dan akomodasi para undangan dan peserta Penas," beber Farid Wadjdy.

Mantan Kanwil Kementerian Agama RI Kaltim tersebut juga menyinggung kesiapan beberapa lokasi yang akan dikunjungi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono paska pembukaan Penas XIII, diantaranya di seputar lokasi display dan pameran Penas.

Untuk urusan transportasi, Wagub menyatakan bahwa hal-hal tehnis sudah dikoordinasikan dengan seluruh instansi terkait, termasuk Organda. Namun sekali lagi, panitia daerah masih memerlukan kepastian jadual kedatangan kontingen yang lebih akurat dari panitia pusat, sebab itu akan berkaitan dengan permasalahan penyiapan transportasi dan akomodasi bagi para peserta atau kontingen Penas dari berbagai daerah.

"Misal, Sumatera Utara kapan datang, Riau kapan datang, begitu juga dengan daerah yang lain. Sebagian sudah masuk, tapi sebagian yang lain masih belum. Kami sangat memerlukan kepastian jumlah dan jadual kedatangan peserta," tegas Wagub.

Kepada Mentan Suswono, Wagub Farid Wadjdy juga melaporkan kesiapan pemondokan peserta yang akan ditempatkan di tiga kecamatan yakni Loa Kulu, Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Jumlah rumah/pemondokan yang disiapkan bagi 30.000 peserta yang diperkirakan hadir adalah 2.055 rumah di 23 desa. "Insyaallah, persoalan akomodasi sudah tidak ada masalah lagi. Semua pemondokan sudah siap ditempati," kata Farid Wadjdy.

Wagub juga memaparkan kesiapan akomodasi bagi para pejabat Negara, duta besar dan gubernur se Indonesia serta bupati/walikota yang akan hadir di Kaltim. Dua hotel berbintang, yakni Hotel Bumi Senyiur dan Mesra International Hotel telah disiapkan bagi para pejabat yang hadir di Kaltim.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait