(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Kaltim Kunjungi PT. Java Preanger Lestari Mandiri

30 Mei 2023 PPID Berita Daerah 1857
Disbun Kaltim Kunjungi PT. Java Preanger Lestari Mandiri

BANDUNG. Salah satu strategi dan terobosan untuk terus mengawal peningkatan produktivitas tanaman perkebunan dan kesejahteraan petani merupakan suatu prioritas, yaitu terbentuknya kelembagaan petani yang kuat dan mampu bekerjasama melalui kemitraan.

Dinas Perkebunan Kaltim melaksanakan kunjungan dan koordinasi Pengembangan Kawasan Perkebunan Berbasis Korporasi di Lokasi PT. Java Preanger Lestari Mandiri, Selasa (30/5) pagi.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Disbun Kaltim Ahmad Muzzakir didampingi Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Hj. Zuraida Henny Hapsari dan Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil, Andi Siddik.

Rombongan dari Kaltim diterima langsung oleh Komisaris PT. Java Preanger Lestari Mandir Bandung Bustoni dan Kabid Pelayanan Usaha dan Pengendalian Bencana Pertanian, Nursadiyah.

Saat ini menurut Muzzakir, Disbun Kaltim telah menyusun Program Pengembangan Kawasan Perkebunan Berbasis Korporasi Petani di Kabupaten Paser tahun 2024 – 2026 sebagai major project yang bertujuan untuk penumbuhan dan penguatan kelembagaan petani.

"Korporasi petani perkebunan kita dorong dengan berbagai bantuan, membuka akses petani pada permodalan sehingga bisa meningkatkan usahanya, memudahkan petani mendapatkan benih, bantuan saprodi sehingga produktivitasnya bisa maksimal,"terang Muzakkir.

Selain itu, seluruh kelompok tani tergabung dalam korporasi agar bisa menyatu dalam skala usaha yg lebih besar sehingga mempunyai kemampuan akses pasar.

Korporasi Petani sebagai salah satu upaya membantu kelompok petani dalam jumlah besar dan membekali kelompok petani tersebut dengan manajemen, aplikasi, serta cara produksi dan pengolahan yang modern, tentunya dengan penguatan dari hulu ke hilir, sehingga kedepannya diharapkan petani di Kalimantan Timur khususnya di Kabupaten Paser, akan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Dalam pembangunan dan pengembangan Kawasan Perkebunan Berbasis Korporasi Petani Komoditas Perkebunan yang sudah berjalan baik, yaitu PT. Java Preanger Lestari Mandiri, dibangun sebagai percontohan korporasi khususnya di Jawa Barat, yang terdiri dari 5 koperasi antara lain Koperasi Margamulya, Koperasi Wanoja Laksana Maju, Koperasi Bukit Amanah, Koperasi Mekar Tani, dan Koperasi Mandalawangi.

Sambungnya, Program ini sebagai wujud dari kepedulian pemerintah terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan kemitraan dan kepanjangan tangan para petani dalam berwirausaha bersama di bidang pertanian khususnya komoditas perkebunan (kopi) dan usaha masyarakat.

Hasil yang diharapkan pada kunjungan tersebut yakni meningkatkan pembelajaran dan pemahaman tentang pelaksanaan pengembangan kawasan perkebunan berbasis korporasi petani. Serta mempelajari Teknik dan cara pembinaan dan pendampingan kelembagaan petani di kawasan berbasis korporasi. (Disbun/Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

 

 

Artikel Terkait