(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Gelar Pelatihan Pembakuan Statistik Bagi Petugas Kecamatan

30 Agustus 2013 Admin Website Berita Kedinasan 2421
Disbun Gelar Pelatihan Pembakuan Statistik Bagi Petugas Kecamatan
BALIKPAPAN. Data merupakan bahan utama yang diperlukan untuk menyusun perencanaan pembangunan perkebunan dimasa mendatang. Data yang sahih, obyektif dan mutakhir akan meminimalkan kesalahan dalam penerapan kebijakan dan sasaran dalam mencapai target seperti yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategik Pembangunan Perkebunan.
 
Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Ir.H. Yus Alwi Rahman, M.Si pada acara pembukaan Pelatihan Pembakuan Statistik perkebunan Bagi Petugas Kecamatan se Kaltim yang dilaksanakan di Hotel Grand Tiga Mustika, Balikpapan, pekan lalu.
 
Menurutnya, dilaksanakannya pelatihan ini dimaksudkan sebagai bahan panduan dalam kegiatan pengumpulan dan pengelolaan data statistik subsektor perkebunan dalam lingkup system agribisnis perkebunan sehingga menjadi acuan bagi petugas perkebunan di kecamatan yang merupakan ujung tombak dalam mengelola data subsektor perkebunan.
 
Ditambahkannya, dengan tersusunnya Pedoman Data Komoditas Perkebunan, diharapkan adanya kesamaan persepsi dalam proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data statistik perkebunan bagi petugas di kecamatan sehingga data yang diperoleh bisa menjadi informasi  yang akurat, up to date dan valid. Selain itu juga menjadi bahan monitoring dan evaluasi setiap triwulan atau semester hingga menjadi bahan dalam penyusunan kebijakan di level pimpinan dalam merencanakan program subsektor perkebunan di masa yang akan dating.
 
Pelatihan pembakuan statistik yang digelar selama 3 hari ini, diikuti oleh 30 petugas perkebunan di tingkat kecamatan se Kaltim dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Jakarta.
 
SUMBER : SEKRETARIAT
 

Artikel Terkait