Disbun Ekstensifikasi Kebun Lada 25 Ha
11 Oktober 2017 Admin Website Berita Kedinasan 323
Disbun Ekstensifikasi Kebun Lada 25 Ha

SAMARINDA. Upaya mengembalikan kejayaan rempah – rempah Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian pertanian RI, seiring dengan program pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kaltim, yakni pengembangan komoditi lada.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan, lada Malonan 1 yang merupakan varietas unggul nasional asal kaltim dan menjadi tanaman unggulan perkebunan yang terus dikembangkan pada tahun ini.

Oleh karena itu, lanjut Ujang, pihaknya memperoleh dukungan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) bersumber dari Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05), Kementerian Pertanian guna melakukan ekstensifikasi (pertambahan areal) perkebunan lada seluas 25 hektar di Kabupaten Berau.

"Kabupaten Berau mendapat alokasi kegiatan ekstensifikasi seluas 25 hektar karena lokasinya termasuk dalam kawasan sentra produksi komoditi lada,” ungkap Ujang saat didampingi Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah.

Ditambahkan, lada Malonan 1 asli Kaltim memiliki potensi untuk dikembangkan dan bisa berjaya kembali. Program ini akan terus berlanjut karena tanaman perkebunan merupakan kegiatan ekonomi riil yang menyerap banyak tenaga kerja, sehingga masyarakat pekebun yang umumnya tinggal di sekitar perdesaan maupun pinggiran kota akan dapat merasakan manfaatnya. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN KOMODITI


Artikel Terkait