Stan Kaltim Terbaik di Arena Agrinex Internasional Expo 2010
23 Maret 2010 Admin Website Artikel 228
#img1#

























Gambar 1. Kepala Balitbangda Kaltim, Syahrumsyah Asri (kiri), Menteri Pertanian, Suswono dan Maruli yang mewakili Sampoerna Agro, usai pemberiaan penghargaan sebagai stand terbaik pada Agrinex Internasional Expo 2010.


Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Pertanian, Suswono kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim, Syarumsyah Asri selaku Koordinator Stand Kaltim pada penutupan Agrinex Internasional Expo 2010 di Jakarta Convetion Center (JCC), Minggu (14/3).

Penetapan Kaltim sebagai stan terbaik itu diumumkan pihak panitia penyelenggara sekaligus menyingkirkan 239 peserta atau sekitar 500 stand lainnya yang berpartisipasi pada kegiatan agribisnis tahunan itu.

Ketua Panpel Agrinex Internasional Expo 2010, Rifda Amarina mengatakan keiuktsertaan Kaltim dalam ajang tersebut dinilia total dengan menampilkan berbagai potensi pertanian dan berupa prodak unggulan daerah.

Selain itu, Kaltim juga memamerkan berbagai upaya daerah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur baik berupa jalan, jembatan, kawasan industri dan pemenuhan kebutuhan listrik sehingga mampu memberikan jaminan pada investor, khususnya bidang pertanian.

"Kami ucapkan terima kasih pada Kaltim yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini dan sejumlah daerah lain. Diharapkan pada Agrinex Internasional Expo 2011 akan lebih banyak lagi pemerintah daerah yang berpartisipasi," ujarnya.

Sementara itu, Syahrumsah Asri mengaku bangga dengan penghargaan itu, sebagi hasil kerja bersama dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah dan sejumlah pihak swasta yang telah menyukseskan kepersertaan Kaltim pada ajang internasional tersebut.

Namun, menurut dia tanpa mengecilkan hasil yang telah dicapai sebagai stan terbaik. Terpenting yang harus dibanggakan adalah Kaltim telah memperkenalkan berbagai potensi dan masa depan pertanian pada dunia nasional dan internasional.

"Pada kegiatan tahun depan, kita harus lebih baik dan tentunya harus mampu mempertahankan penghargaan ini, sekalgus memperbaiki hal-hal yang kurang pada tahun ini untuk dipamerkan tahun depan," katanya.

Seperti diketahui pada ajang Agrinex Internasional Expo 2010 ini, Kaltim menampilkan berbagai potensi usaha pertanian di daerah itu, termnasuk berbagai program pembangunan bidang infrastruktur untuk mendukung kelancaran arus barang dan jasa.

Berbagai hal yang dipamerkan Kaltim mendapat sambutan hanhat dari pengunjung, antara lain tentang peternakan rusa sambar, perkebunan sawit, pengolahan tepung dari bahan baku singkong, telur asin pindang, pembangunan rel kereta api, pembangkit listrik, kawasan insdutri Maloy dan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy, termasuk pembangunan jalan tol serta Jembatan Pulau Balang dam Mahkota II.

Selain sejumlah perusahaan daerah dan kelas nasional, berbagai perusahaan yang berasal dari luar negeri dengan skala internasional juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, sehingga merupakan tempat promosi yang epektif.

#img3#
























Gambar 2. Stand Kaltim dalam rangka partisipasi Agrinex Expo 2010

#img2#
























Gambar 3. Panitia dari Dinas Perkebunan Prov. Kaltim

SUMBER : HUMAS PROV KALTIM
DOKUMENTASI : HUMAS PROV & DISBUN PROV

Artikel Terkait