Kadistan Kumpulkan Tengkulak
24 Oktober 2008 Admin Website Artikel 416
"Saya kumpulkan untuk mendapatkan informasi yang benar selain juga untuk memberikan semacam penyuluhan kepada mereka," demikian Kadistan.

Kepada para petani karet, Kadistan minta untuk tetap berproduksi kendati harga karet memang menurun saat ini. Penurunan itu sendiri lantaran krisis ekonomi global.

"Selain karet itu komoditas yang awet, terus berproduksi tak ada salahnya. Krisis ekonomi global ini perlahan akan selesai dan harga-harga bisa diharapkan kembali seperti semula," jelas Kadistan. Ia juga minta agar para petani tak mudah termakan isu yang tak jelas ujung pangkalnya seperti akan tutupnya pabrik pengolahan karet di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang selama ini menjadi tujuan akhir karet Kubar.

"Saya harap petani terus semangat dan tidak putus asa. Untuk menambah penghasilan sementara ini, selain tetap dengan menjual karet, bisa ditambah dengan menjalankan usaha lain yang juga menghasilkan uang," kata Kadistan.

Manajer Operasional Davco Sendawar, Amerigon Arvaan, juga meyakini bahwa harga karet akan normal kembali. Karena itu Amerigon yang akrab disapa Egon berharap agar ada investor yang bersedia menanamkan modalnya di PT Davco yang bergerak di bidang pengolahan karet hingga siap ekspor. Egon juga berharap agar Pemkab Kubar mengucurkan dananya untuk menyelamatkan produk karet petani.(

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 24 OKTOBER 2008

Artikel Terkait