Disbun Bangun Kebun Entres Karet
01 April 2012 Admin Website Artikel 428

MALINAU. Tahun ini Pemkab Malinau telah memprogramkan pembuatan kebun entres karet di Kecamatan Malinau Marat, tepatnya di Desa Kuala Lapang.  Kebun entres ini sekitar 2 hektare dan akan dikelola langsung Dinas Perkebunan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Malinau Lawing Liban.

Mantan Sekretaris Disbun Malinau ini mengatakan, kebun entres ini sebagai upaya menyiapkan bibit unggul untuk masyarakat. Di kebun entres karet ini, Disbun akan melakukan okulasi sebagai upaya pengembangan bibit karet dengan cara menempel mata tunas baru dari bibit unggul. Yakni dari bibit pohon karet yang memiliki banyak getahnya.

"Kalau tidak banyak getahnya, maka petani karet akan rugi karena berpenghasilan sedikit dari penjualan getah karet itu," terang mantan Camat Kayan Hilir ini.

Dia mengatakan, dalam pengelolaan kebun entres karet itu, Disbun akan menempatkan petugas khusus yang melakukan okulasi (penempelan mata tunas karet baru). Petugas itu dari pusat penelitian karet Getas, dari Salatiga, Jawa Tengah. Semua bibit karet katanya, disiapkan untuk kemudian diserahkan kepada sejumlah penangkar. 

"Masyarakat yang ingin mendapatkannya akan membeli bibit karet ke penangkar supaya terjamin kualitasnya. Terutama dari segi banyaknya getah karet yang dihasilkan," ungkapnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 31 MARET 2012

Artikel Terkait