(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Ajak Petani Cegah Karlabun di Musim Kemarau

10 Agustus 2023 PPID Berita Daerah 944
Disbun Ajak Petani Cegah Karlabun di Musim Kemarau

UJOH BILANG. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur mengajak petani bijak dalam mengelola lahan perkebunan untuk mencegah kebakaran lahan dan kebun (Karlabun) di musim kemarau.

Salah satunya dengan menggelar sosialisasi dan pembinaan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) 2023, di Ujoh Bilang kecamatan Long Bagun, Kamis (10/8) siang.

Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir diwakili oleh Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda mengatakan kebakaran lahan dan kebun terjadi setiap tahun, apalagi di musim kemarau seperti saat ini.

Permasalahan mendasar dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan kebun adalah belum memadainya sarana, prasarana dan sumber daya manusia untuk pengendalian di lapangan.

Kehadiran KTPA menjadi sangat penting dalam pencegahan dan pengendalian dini di lapangan, sehingga kebakaran dan lahan dan kebun yang terjadi bisa diatas dengan cepat.

"Karenanya kami terus mendorong keterlibatan pihak perusahaan besar swasta melalui kemitraan dengan KTPA ,"ucapnya.

Lanjutnya Pemerintah provinsi melalui dinas perkebunan Kaltim membentuk beigade pengendali kebakaran lahan dan kebun sebanyak 15 orang disetiap Kabupaten dan Kota yang ada di wilayah Kaltim.

Sementara, Kelompok Tani Peduli Api (ktpa) yang ada diwilayah kaltim sudah mencapai 138 KTPA, yang sudah bermitra dengan perusahaan sebanyak 57 KTPA.

"Maka perlu dilakukan pembekalan kemampuan dalam menangani kebakaran lahan dan kebun,"terangnya.

Disisi lain menurut salah datu penyuluh pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Mahakam Ulu, Mardiansyah menuturkan terbentuknya KTPA sangat diperlukan, karna berdampak postif dan bermanfaat bagi petani kedepannya. (Prb/ty).

SUMBER : SEKRETARIAT



Artikel Terkait