Bupati Kukar Serahkan Sertifikat Plasma
03 Oktober 2019 Admin Website Berita Daerah 55
Bupati Kukar Serahkan Sertifikat Plasma

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyerahkan sertifikat Plasma kepada calon petani plasma yang bernaung di 3 Koperasi yaitu Koperasi Sawit Mekar Sari, Koperasi Jasa Tunas Harapan dan Koperasi sejahtera maju bersama, pada Jumat (27/9) di Gedung Serbaguna PT Niagamas Gemilang, Loa Kulu.

Dalam arahannya Bupati mengatakan apa yang dilakukan merupakan bentuk sinergisitas untuk membangun Kutai Kartanegara yang lebih baik. Selain Edi mengapresiasi PT Niagamas Gemilang yang berkomitmen melaksanakan salah satu kewajiban pemegang izin untuk melakukan 20 persen kemitraan dengan Masyarakat di sekitarnya.

Edi mengingatkan, bagi pengelola Koperasi dan petani yang bukan ber KTP Kutai Kartanegara maka pola pengelolaanya adalah pengelolaan mandiri sedangkan bagi masyarakat yang Ber KTP Kutai Kartanegara maka pengelolaanya dapat menggunakan fasilitas pemerintah. Hal Itu adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat yang berada disekitar kawasan perusahaan pemegang izin perkebunan.

Edi berkeinginan agar pengelola 20 persen lahan plasma adalah masyarakat Kukar yang berada disekitar area perkebunan agar bisa meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat sekitar. Pengolahan kebun plasma melalui Koperasi diharapkan Edi dapat meningkatkan standar hidup petani dengan peningkatan hasil produksi yang kemudian berdampak pada peningkatan pendapatan para petani. "Selain itu, program ini juga bertujuan agar para petani dapat lebih produktif melalui pembinaan produksi dan tata cara pengelolaan perkebunan yang baik," ujarnya.

Ia juga berharap kepada pengurus koperasi yang ada untuk melakukan pengelolaan manajemen dengan baik. "Mari kelola Koperasi dengan baik agar tumbuh dan berkembang dengan baik dan juga kewajiban koperasi untuk menyiapkan rapat anggota tahunan dengan baik dan transparan,” harapnya. Edi meminta kepada para pengurus koprasi untuk melakukan komunikasi dengan baik kepada para anggotanya. ”Jangan sampai terjadi konflik di dalam perjalanannya," pintanya. Edi Damansyah saat itu didampingi oleh Kim Nam Il Presiden Direktur PT. Niagamas Gemilang.(Yuliati- HMP03)*

SUMBER : HUMAS KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Artikel Terkait