Website Disbun Raih Gelar Juara 2 Nasional
19 Agustus 2011 Admin Website Artikel 319
SAMARINDA. Lomba website tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pertanian menetapkan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim sebagai juara 2 nasional untuk kategori pelayanan publik secara online tingkat Provinsi.

Website dengan alamat http://perkebunan.kaltimprov.go.id, ini telah berhasil menyisihkan 57 website Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pertanian tingkat Provinsi dari 24 Provinsi yang berpartisipasi di seluruh Indonesia.

Lomba yang bertema "Manfaatkan Situs Web Sebagai Sarana Pelayanan Kepada Masyarakat Yang Mudah dan Murah"  ini telah berlangsung sejak Maret lalu dan ini merupakan ajang kedelapan kalinya yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian. Sedangkan pesertanya terdiri dari unit Eselon I dilingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat provinsi maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia, khususnya satuan kerja yang telah memiliki situs website.

"Website Disbun adalah pelayanan publik yang menggunakan sarana teknologi dan informasi. Dengan diraihnya gelar juara 2 ini membuktikan bahwa Kaltim, dalam hal ini Disbun mampu bersaing dengan Provinsi lainnya dalam penyelenggaraan teknologi dan informatika," ujar Kepala Sub Bagian Perencanaan Program Disbun Kaltim, H Sudihardani yang menerima langsung penghargaan Nasional oleh Menteri Pertanian RI Ir. Suswono di Kementerian Pertanian, Jakarta pada upacara HUT Proklamasi RI ke 66 kemarin.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 3615 /Kpts/OT.140/8/2011 tentang Penetapan Pemenang Lomba Situs Web Kementerian Pertanian Tahun 2011 yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, menetapkan pemenang lomba situs web tahun 2011 adalah sebagai berikut :

KATEGORI ESELON I KEMENTERIAN PERTANIAN :
* Juara 1 : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
* Juara 2 : Direktorat Jenderal Perkebunan
* Juara 3 : Badan Karantina Pertanian

KATEGORI SKPD PERTANIAN PROVINSI
* Juara 1 : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat
* Juara 2 : Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur
* Juara 3 : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

KATEGORI SKPD PERTANIAN KABUPATEN/KOTA
* Juara 1 : Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Prov. Jawa Timur
* Juara 2 : Dinas Pertanian Tan. Pangan & Hortikultura Kabupaten Cianjur Prov. Jawa Barat
* Juara 3 : Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kab. Sleman Prov. DI Yogyakarta

"Ini merupakan penghargaan kedua yang kami raih di ajang serupa. Tahun 2005 yang lalu, kami pernah meraih juara kedua, sedangkan tahun 2009 dan 2010 yang lalu hanya meraih nominasi 10 besar terbaik. Kami akan berusaha mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kami lagi di tahun mendatang",  sambung Sudihardani lagi.

Sampai dengan saat ini Disbun telah mengembangkan beberapa aplikasi sistem informasi selain website, diantaranya Sistem Informasi Aplikasi Perkantoran (SIAPBUN), Sistem Informasi Harga Perkebunan (SISFOHARBUN), Toko Online (eProduk) dan SMS Center BUNKALTIM.

"Target kami sampai dengan tahun 2013, terbangunnya website Disbun di tingkat Kabupaten, sehingga mempermudah kami dan pengguna dalam memperoleh data dan informasi yang cepat dan akurat tanpa harus datang langsung ke Kabupaten" tambahnya. (rey)

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM

Artikel Terkait