Sultan Tempong Tawari Lokasi Penas
02 Juni 2011 Admin Website Artikel 316
TENGGARONG – Sebelum digelar perhelatan akbar Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XIII yang tinggal hitungan hari, demi menjaga keselamatan bersama,  Sultan HAM Salehuddin II didampingi  Ketua Penas Haryanto Bahroel menggelar tempong tawar di  lokasi Penas di GOR Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Rabu (1/6).

Prosesi acara diawali dengan doa dan memercikan air bunga dan penaburan beras kuning yang bermakna ucapan selamat bahwa tamu yang akan datang  telah diberkati  dan yang telah berada di tanah Kutai.

Seperti dikatakan Awang Imaluddin dari Seksi Sakral Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar), prosesi tempong tawar ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh kerabat Kesultanan Kukar sebelum melakukan acara bertarap nasional yang mendatangkan banyak orang. Apalagi Penas kali ini  didatangi tamu sekitar 30 ribu orang.

Tempong tawar adalah prosesi doa yang disampaikan oleh tetuha adat  kepada  tamu atau pejabat yang berkunjung ke suatu daerah. Di dalam doa disampaikan agar tamu atau pejabat tersebut terhindar dari segala mara bahaya semenjak ia datang di tempat tersebut, sampai kembali ke daerah  tempat asalnya.

Tempong  tawar dilakukan di tiga lokasi, yaitu Demplot, Pelabuhan Tenggarong Seberang, dan Kompleks GOR Aji Imbut. Tiga lokasi tersebut tempat Penas akan digelar nanti. Apalagi Presiden dijadwalkan datang untuk membuka Penas.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, RABU, 2 JUNI 2011

Artikel Terkait