SL-PHT Lada di Kab Kutai Kartanegara
15 Juli 2009 Admin Website Artikel 235
#img1#























Kegiatan yang digawangi oleh Bidang Perlindungan ini rencananya akan dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan ini bertujuan :
- Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) petani yang ada di Kaltim;
- Meningkatkan produktivitas komoditi perkebunan di Kaltim;
- Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kalimantan Timur;
- Meningkatkan dan mempertahankan kualitas sumber daya alam melalui metode konservasi lahan;
- Meningkatkan nilai pendapatan petani pekebun yang ada di Kalimantan Timur.

Adapun sasaran pelatihan SL-PHT ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan petani di dalam pengelolaan budidaya perkebunan di Kalimantan Timur khususnya dalam aspek off farm.

Program Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani murni dan petani tindak lanjut merupakan program lanjutan kegiatan SL-PHT yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000 sampai dengan akhir 2005 bagi kelompok tani yang telah menyelesaikan atau alumni dari program SL-PHT murni.

Para petani perlu disadarkan bahwa banyak permasalahan yang mereka hadapi. Berbagai permasalahan tersebut sulit dipecahkan jika dilakukan secara perseorangan (individu) bila dibandingkan dengan secara kelompok. Oleh karena itu, salah satu semangat yang harus ditanamkan pada kelompok tani peserta SL-PHT adalah perlunya memperkuat dan mempersolid serta memperkokoh kekompakan diantara sesama kelompok tani yang berada di lingkungannya maupun sesama kelompok diluar lingkungan yang ada. Melalui penyadaran dan pemahaman berbagai permasalahan tersebut, diharapkan kelompok - kelompok tani tadi akan bersatu untuk memperbaiki posisi tawar petani. Jika hal ini dapat dicapai maka bukan tidak mungkin para petani dapat ikut menentukan harga jual komoditi yang diusahakannya di pasaran.


SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait