Delegasi IPOC 2022 Antusias Bertemu Gubernur Sawit Indonesia
04 November 2022 PPID Berita Daerah 210
Delegasi IPOC 2022 Antusias Bertemu Gubernur Sawit Indonesia

NUSA DUA. Gubernur Kaltim Isran Noor menjadi satu-satunya gubernur yang menghadiri Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) 2022 di Nusa Dua Bali.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono, bahkan berseloroh menyebut Isran Noor sebagai Gubernur Kelapa Sawit Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Kaltim, Bapak Isran Noor yang juga gubernur sawit Indonesia ini” seloroh Joko saat memberi sambutan dalam IPOC 2022 yang dihelat di Bali International Convention Center, The Westin Resort Nusa Dua, Bali.

Gubernur Kaltim Isran Noor memang menjadi satu-satunya gubernur yang menghadiri konferensi kelapa sawit terbesar di Indonesia itu. Sejumlah gubernur lain yang daerahnya memiliki usaha perkebunan sawit, nampak tidak terlihat.

Usai mengikuti acara pembukaan, Gubernur Isran Noor langsung meninjau sejumlah booth pameran yang ada di luar ruang konvensi. Kehadiran orang nomor satu di Kaltim itu rupanya banyak menarik perhatian peserta maupun delegasi. Sejumlah delegasi terlihat antusias untuk dapat berfoto dan berswafoto maupun sekedar menyapa dan berjabat tangan.

“Tolong pak bisa berfoto dengan kami,” ucap salah satu peserta konvensi yang merupakan delegasi dari GAPKI Kalimantan Barat.

Gubernur Isran pun dengan senyum dan penuh keramahan, melayani peserta konferensi yang ingin berfoto dengan dirinya.

Setelah itu, gubernur melanjutkan berkeliling melihat booth peserta pameran. Salah satu booth yang cukup menarik perhatiannya adalah booth PT Kemurgi Indonesia.

Perusahaan ini bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung melakukan riset membuat bensin dari minyak sawit. Riset telah diujicoba menggunakan motor yang diisi bensin dari kelapa sawit dan diklaim lebih hemat saat menempuh perjalanan sepanjang 2.000 km dari Bogor ke Medan.

“Ini Inovasi yang bagus sekali, bisa menjadi alternatif BBM,” ujar Gubernur Isran.

Dia pun nampak terlihat serius melihat contoh bensin dari kelapa sawit yang ditaruh di dalam botol plastik dan kemudian berfoto dengan motor yang digunakan dalam uji coba.(gie/her/yans/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait