(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Situs Web Disbun Masuk 10 Besar Lomba Web Kementerian Pertanian 2013

22 Juli 2013 Admin Website Berita Daerah 2248
Situs Web Disbun Masuk 10 Besar Lomba Web Kementerian Pertanian 2013

SAMARINDA. Website milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kalimantan Timur dengan alamat https://disbun.kaltimprov.go.id/ kembali masuk 10 besar secara nasional dalam lomba website yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian untuk kategori pelayanan publik secara online.

“Disbun Kaltim telah mampu memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik, sehingga Pusdatin telah memberikan penilaian website milik Disbun masuk dalam 10 besar dari 58 website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia,” kata  Kepala Disbun Kaltim, Ir Etnawati, M.Si.

Menurut dia, lomba ini telah berlangsung sejak April lalu dan ini merupakan ajang kesepuluh kalinya dengan mengambil tema Situs Web Sebagai Sarana Keterbukaan Informasi Publik dan Transparansi Layanan Publik.

Sedangkan pesertanya terdiri dari unit Eselon I dilingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi maupun kabupaten dan kota serta UPT Pusat seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web.

“Disbun Kaltim terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan akses. Tujuannya untuk memaksimalkan jaringan tersebut, sebagai media untuk mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat petani dan pekebun,” tambah Etnawati lagi.

Selain itu, fasilitas ini untuk memudahkan petani dan masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan harga sejumlah komoditas perkebunan di daerah ini. Langkah ini dilakukan untuk menuju penerapan e-Government, sekaligus untuk kemudahan komunikasi dan informasi meskipun dalam jarak jauh.

Berdasarkan berita acara penetapan daftar peserta Lomba Situs Web Kementerian Pertanian 2013, maka nominasi 10 Situs Web Kategori SKPD Provinsi yang akan dinilai tim juri sejak (17/7) hingga (19/9) mendatang, yakni Dinas Peternakan Sumbar, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau, Bahan Ketahanan Pangan Riau, Dinas Perkebunan Jabar, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DI Yogyakarta, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB, Badan Ketahanan Pangan NTB, Dinas Perkebunan Kaltim dan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kaltim.

Diterangkan, web Disbun telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya nominasi 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010 dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa masuk 3 besar nasional, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan ke masyarakat," harap Etnawati. (rey)
 
SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait