(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

SIP Kebun Permudah Pelaporan Pelaku Usaha Perkebunan

08 Juni 2023 Admin Website Berita Daerah 1123
SIP Kebun Permudah Pelaporan Pelaku Usaha Perkebunan

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Bimtek Sistem Informasi Pelaporan (SIP) Kebun Tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur, Rabu (7/6) kemarin.

Kegiatan tersebut merupakan Bimtek lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2019 dan Tahun 2022 lalu.

Sistem Informasi Pelaporan (SIP) Kebun tersebut merupakan sistem pelayanan yang berbasis teknologi informasi atau on line yang telah dikembangkan oleh Dinas Perkebunan Kaltim. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir yang diwakili Kepala Bidang Usaha, Taufiq Kurrahman saat memberikan sambutan.

Selain itu, SIP Kebun memudahkan pelaku usaha perkebunan/perusahaan perkebunan dalam menyampaikan laporan perkembangan pembangunan usaha.

Tentunya ini memudahkan OPD Povinsi maupun Kabupaten dan Kota dalam melakukan evaluasi, pembinaan dan pengawasan serta monitoring terhadap kinerja perusahaan perkebunan di wilayah Kaltim.

Disamping itu juga dapat memperkuat tata kelola perizinan yang berbasis data melalui penguatan basis data dan informasi, penguatan pembinaan dan pengawasan terhadap perizinan usaha di bidang perkebunan, serta penguatan koordinasi antar Kementerian/Lembaga Nasional (K/L) dan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten dalam pengelolaan perizinan usaha perkebunan.

Dalam pengelolaan Aplikasi SIP Kebun, apabila ada perubahan dan perbaikan pada system aplikasi pelaporan ini akan dikerjakan secara berkesinambungan yang diakses online melalui web portal Disbun Prov Kaltim dan terus melakukan proses updating sesuai kebutuhan.

Bimtek SIP Kebun Tahun 2023 mengahdirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan Indah Pasiwara serta dari PT Wesolve Solusi Indonesia Sukma Yogi Siswandi dan Gatot Subandrio. (Disbun/Prb/ty).

SUMBER : SEKRETARIAT

 

 

Artikel Terkait