PTPN III Paling Siap Go Public
07 Januari 2010 Admin Website Artikel 318
Demikian hal itu diungkapkan Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (6/1/2009).

#img1# "Kelihatannya yang paling siap untuk mendaftarkan diri supaya go public adalah PTPN III, kelihatannya mereka lebih maju dalam produksi dan lebih tinggi dalam profitibilitas," katanya.

Selain itu, menurut Mustafa, perusahaan pelat merah itu juga memiliki manajemen yang baik dan dinilai lebih siap untuk menjadi perusahaan publik. Saat ini pihaknya akan segera menghubungi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk meminta persetujuan.

Ia menargetkan, BUMN perkebunan itu bisa melantai di bursa pada kuartal II-2010. "Kalau mereka (PTPN III) sudah serius, sambil menunggu KS (PT Krakatau Steel) dan Garuda kita usulkan ke DPR," katanya.


Untuk rencana tersebut, dalam waktu dekat Kementerian BUMN akan memanggil manajemen PTPN III untuk memberi pemaparan atas aksi korporasi tersebut.

Selain PTPN III, saat ini pihaknya juga sedang menggodok rencana perubahan status Perum menjadi Perseroan Terbatas (PT) di tubuh Pegadaian. Perubahan status itu juga dilakukan agar Pegadaian bisa go public .

"Tapi Pegadaian kan akan keluarkan obligasi, apakah dengan obligasi sudah cukup, atau perlu juga harus dengan IPO," jelasnya.

Ia mengaku, pihaknya akan mendorong lebih banyak perusahaan pelat merah yang bisa melantai di bursa saham dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut Mustafa, hal itu sesuai dengan permintaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani supaya pasar saham Indonesia diisi oleh lebih banyak lagi BUMN.

DIKUTIP DARI DETIK ONLINE, RABU, 6 JANUARI 2010

Artikel Terkait