Sawit Rambah Sandaran
02 Maret 2010 Admin Website Artikel 343
#img1# Penanaman perdana itu merupakan kerjasama antara PT Komexindo International dan PT Comexindo Kaltim Sawit dengan masyarakat setempat. "Kehadiran dua perusahaan sawit ini sangat membantu. Diharapkan investor ini membawa dampak peningkatan pertumbuhan ekonomi di masa mendatang," kata Camat Sandaran Murdiansyah. Pihaknya berharap, dalam operasional mengelola perkebunan kelapa sawit ini, perusahaan memperhatikan masyarakat lokal.

Terutama menyangkut rekrutmen tenaga kerja sesuai kemampuan dan keahlian yang dimiliki warga setempat. "Kita ingin dalam rekrutmen tenaga kerja mengutamakan warga local. Sebab, akan mampu meningkatkan kesejahteraan dan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran," tambahnya. Dijelaskan, perusahan sawit yang akan melakukan penanaman perdana itu sudah mengantongi izin lokasi dengan luas areal sekitar 21.460 hektare.

Diharapkan, dengan tersentuhnya revitalisasi pertanian di Sandaran ini, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Meski jauh berada di kawasan pesisir yang boleh dibilang agak terisolasi, namun dengan masuknya sejumlah perusahaan tersebut dapat mengurangi hal itu. Setidaknya keberadaan perusahaan perkebunan kelapa sawit itu, juga dapat dinikmati masyarakat, melalui kerjasama pola kemitraan.

Kepala Dinas Perkebunan Kutim Ahkmadi Baharuddin membenarkan saat ini hamper seluruh kecamatan sudah ada perkebunan kelapa sawit. Sebab, komoditi ini cukup menjanjikan di pasaran internasional, sehingga banyak investor yang mau melakukan investasi di bidang yang satu ini.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 1 MARET 2010

Artikel Terkait