(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Terus Lanjutkan SL-PHT Lada

11 Juli 2013 Admin Website Berita Kedinasan 2337
Disbun Terus Lanjutkan SL-PHT Lada

PENAJAM. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Bidang Perlindungan melaksanakan kegiatan penutupan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) lanjutan untuk petani lada di kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Senin (8/10) kemarin.

Kepala Disbun Kaltim, yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan, Ir. Henny Herdiyanto, MP mengatakan peserta SL-PHT ini berjumlah 25 orang petani sebagai peserta dan pertemuan berlangsung sebanyak 8 kali.

"Kegiatan tersebut mulai berlangsung April lalu, dimana pengetahuan yang diberikan adalah secara garis besar. Teori hanya sepintas, yang lebih banyak praktek di lapangan. Kepada peserta, selain mendapat beberapa jenis peralatan lapangan, juga memperoleh uang saku, uang transport dan uang makan," terang Henny.

SL-PHT, lanjutnya, tidak hanya difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit tetapi juga pemasaran, pengolahan hasil dan kelembagaan. Disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya gangguan organisme pengganggu yang hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyaknya akan membantu petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

"Banyak keuntungan yang bisa didapat dari mengikuti program ini, kami juga mengharapkan pada Dishutbun PPU turut mempertahankan program ini, bila perlu diperluas bahkan ditingkatkan. Karena begitu besar manfaatnya, terutama untuk mencapai kesejahteraan petani," tambahnya saat memberikan pembekalan motivasi sebelum menutup acara SL-PHT Lada ini. (rey)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait