Ribuan Hektar Sawit Dibuka
30 April 2009 Admin Website Artikel 377
#img1# Tahap pertama, penanaman dilakukan di lahan 3 hektare, sisanya menyusul. Pola perkebunannya adalah inti plasma. Maksudnya, 80 persen perusahaan dan 20 persen masyarakat. Untuk menanam di semua lahan itu, PT TBA juga membuka 91 hektare untuk pembibitan kelapa sawit di sekitar Sungai Sebenaq Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun.

Dalam sambutan tertulis Bupati Kubar Ismael Thomas SH yang disampaikan Wakil Bupati Kubar H Didik Effendi mengatakan, dibukanya perusahaan perkebunan kelapa sawit, salah satunya bisa membuka peluang kerja. "Yang kita harapkan, perusahaan memprioritaskan tenaga kerja lokal atau masyarakat setempat," pinta bupati. Dikatakan, perkebunan kelapa sawit pola kemitraan ini, pemerintah sangat mendukung sekali karena pola seperti ini tampak sekali adanya kerjasama yang baik antarpihak investor dan masyarakat setempat. "Artinya pihak investor dan masyarakat sama-sama diuntungkan. Hubungan yang baik seperti ini hendaknya dijaga dan dipupuk terus, sehingga apa yang diharapkan dengan kemitraan ini dapat tercapai," harapnya.

Hal senada dikatakan Pimpinan PT TBA Muhammad Lutpy, siap bekerjasama dengan masyarakat. Kerjasama inipun diharapkan, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Camat Long Bagun Rosalina Song mengatakan, masyarakat yang membentuk koperasi terlibat melakukan pembibitan sampai pengaturan masalah produksi dan pemasaran TBS (Tanda Buah Segar). "Ini akan nyata menyerap banyak tenaga kerja," kata Rosalina Song.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 30 APRIL 2009

Artikel Terkait