RI Perjuangkan CPO Masuk Produk Ramah Lingkungan
16 November 2012 Admin Website Artikel 354

DEPOK. Pemerintah Indonesia akan mengusulkan lagi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) masuk ke dalam daftar produk ramah lingkungan melalui Konferensi Tingkat Tinggi Asean-Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) yang akan digelar di Bali, pada tahun depan.

"Indonesia bukan gagal tahun ini. Kita sudah berusaha, tetapi bicara mengenai enviromental good product, ada produk yang bersifat memperhatikan karakter ekonomi negara APEC, dimana barang-barang komoditas pada tahun 2015 tarifnya mesti turun 5%. Kenyataannya CPO tidak masuk dalam kategori itu. Tahun depan bisa diusahakan," ujar Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Octavian Thamrin dalam acara "Seminar Proyeksi Indonesia dalam kerja sama Ekonomi Asia Pasifik" di Kampus Universitas Indonesia Depok, Senin (12/11).

Dia mengatakan, walau CPO sementara gagal menjadi produk ramah lingkungan, tetapi usaha bilateral dengan Amerika Serikat semakin meningkat. Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan pemakaian CPO Indonesia oleh Amerika Serikat. ”Amerika serikat banyak menggunakan CPO kita, mungkin dengan melihat Amerika memakai CPO kita akan mempengaruhi negaranegara lain,” ujar dia.

Selain itu, dia mengatakan, Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah KTT APEC 2013 dengan mengusung isuisu strategis lainnya. Hal itu secara tidak langsung juga akan mempengaruhi dinamika kerja sama ekonomi Indonesia di kawasan Asia-Pacific.

DIKUTIP DARI INVESTOR DAILY, SELASA, 13 NOPEMBER 2012


Artikel Terkait