Jumlah TPGD Tak Sebanding dengan Jumlah Desa
04 Juni 2008 Admin Website Artikel 336
#img1# Marson Langup menyebutkan, TPGD yang ada saat ini sebanyak 6 orang termasuk TPGD kecamatan. Antara lain satu TPGD di Lidung Kemenci, satu orang untuk Desa Long Gavid dan Long Bisai, satu TPGD untuk Desa Rian dan Long Titi. Kemudian Desa Long Pada dan Long Ranau satu orang serta satu orang lagi di Desa paking dan Harapan Maju. "Kami sangat berharap, pemerintah daerah melalui Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) dapat memenuhi permohonan kami untuk program pengembangan perkebunan kakao tahun ini. Paling tidak, 10 desa yang sudah kami tetapkan sebagai pusat pengembangan perkebunan kakao ini harus memiliki satu TPGD setiap desanya," ujarnya.

Sebab, kata dia, tugasnya TPGD selain sebagai pendamping juga dapat membantu aparat desa dalam melakukan pengadministrasian kegiatan di lapangan. Kemudian mereka juga membuat program perencanaan kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi, potensi dan kemampuan warga desa, sehingga bisa sinergis dan hasilnya dapat dirasakan berkesinambungan berdasarkan kebutuhan.

Untuk mewujudkan semua itu, lanjut Marson, perlu tenaga TPGD satu orang untuk satu desa sehingga hasilnya maksimal, terutama tenaga yang ahli dan mumpuni dalam bidang pengembangan kopi kakao. "Kami berharap, untuk 10 desa yang dijadikan pusat pengembangan kakao ini dapat skala prioritas tambahan tenaga TPGD terutama untuk desa-desa yang belum ada. Karena dalam kegiatan ini nantinya akan lebih banyak di lapangan baik dalam penyuluhan maupun praktiknya," sebut dia.

Untuk diketahui, 10 desa yang dijadikan pusat pengembangan kakao yakni Pulau Sapi, Menterang Baru, Lidung Kemenci, Long Gafid, Desa Harapan Maju, Long Bisai, Long Simau, Paking, Temalang dan Long Liku. Dari 10 desa tersebut diperkirakan luasnya mencapai 160 hektare yang didanai dari dana Gerbang Dema Desa masing-masing.

Sedangkan pengembangkan kakao yang didanai dari dana Gerbang Dema Kecamatan hanya 105 hektare. "Yang memiliki TPGD yakni Long Gavid dan Long Bisai Satu TPGD, Paking dan Harapan Maju satu TPGD, Lidung Kemenci, Mentarang Baru Pulau sapi masing-masing satu TPGD. Sedangkan tiga desa lainnya yakni Desa Long Liku, Temalang dan Long Simau tidak ada TPGD-nya," pungkasnya.

DIKUTIP DARI RADAR TARAKAN, SELASA, 3 JUNI 2008

Artikel Terkait