Purwodadi Percontohan Cokelat
11 September 2013 Admin Website Berita Daerah 311
Purwodadi Percontohan Cokelat
SENDAWAR. Kampung Purwodadi Kecamatan Linggang Bigung dipilih Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) Nahdatul Ulama (NU) bekerja sama dengan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT), menjadi proyek percontohan tanaman cokelat dari teknik budi daya tanaman sampai wirausaha.

"Kampung Linggang Bigung berpotensi jika cokelat dikembangkan, apalagi ditunjang tanah yang subur, diharapkan menjadikan basis cokelat di Kaltim," ungkap Ketua Pimpinan Wilayah (PW) LPP NU Kaltim Elvyani NH Gaffar di depan 35 orang peserta pelatihan wirausaha tanaman coklat. Elvyani NH Gaffar meninjau pekebunan cokelat di Kampung Purwodadi, belum lama ini.

Diketahui, ada lima kelompok tani yang telah dibina di dua kecamatan yakni, Melak, satu kelompok tani dan Linggang Bigung, khususnya di Kampung Purwodadi ada empat kelompok tani. Lahan percontohan sekitar 50 hektare milik kelompok tani. "Tujuan kegiatan memberikan bekal wirausaha kepada petani untuk pemberdayaan ekonomi rakyat," ujarnya.

Elvyani mengharapkan, petani cokelat menanam dengan teknik budi daya tepat. Bakal muncul pengusaha cokelat yang handal. Kunjungan dihadiri, Pimpinan Cabang (PC) NU Kubar, Amran Akhadi dan Ketua LPP NU Kubar HM Noor Ifansyah.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Artikel Terkait