(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

PAMIGO, Strategi Baru Disbun Untuk Penguatan Produksi Minyak Goreng Lokal di Kalimantan Timur

04 Juli 2024 PPID Berita Daerah 251
PAMIGO, Strategi Baru Disbun Untuk Penguatan Produksi Minyak Goreng Lokal di Kalimantan Timur

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Timur hari ini menggelar audiensi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop) Kaltim guna membahas pendirian Pabrik Minyak Goreng (PAMIGO). Pertemuan strategis ini digelar di Ruang Rapat Hevea, Kantor Dinas Perkebunan, pada Selasa (02/07) kemarin.

Kepala Disbun Kalimantan Timur, Ence Achmad Rafiddin Rizal, menyoroti pentingnya sinergi antar-dinas dalam mewujudkan pembangunan PAMIGO.

"Kolaborasi antara sektor perkebunan dan perindustrian sangat vital untuk meningkatkan produksi minyak goreng lokal serta mendukung ekonomi regional," ungkap Rizal.

Audiensi ini turut membahas berbagai aspek teknis, operasional, dan sosial ekonomi terkait rencana pembangunan PAMIGO. Termasuk dalam diskusi adalah kesiapan lahan, teknologi produksi yang akan digunakan, dan potensi dampak ekonomi yang diharapkan bagi masyarakat setempat.

Representatif dari Disperindagkop juga memberikan pandangan mereka mengenai dukungan yang dapat diberikan, seperti pelatihan dan bantuan pendanaan untuk pengusaha kecil dan menengah di sektor perkebunan.

Pertemuan ini ditutup dengan kesepakatan untuk membentuk tim kerja bersama yang akan mengawasi pelaksanaan proyek PAMIGO ke depannya.

Dengan pendirian PAMIGO ini, diharapkan Provinsi Kalimantan Timur dapat memenuhi kebutuhan minyak goreng domestik dan menggali potensi untuk ekspor, yang akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat lokal.(Disbun/Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait