Petani Dilatih Olah Kopi Berkualitas
13 Juni 2012 Admin Website Artikel 359

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim bekerjasama dengan Disbun Malinau menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengolahan Produk Kopi, 12 - 14 Juni 2012 di Malinau.

Kepala Sub Bidang Administrasi Perijinan, Ir H Sudihardani MP mengatakan, selain untuk meningkatkan pendapatan petani, bimtek pengolahan produk kopi dimaksudkan untuk meningkatkan mutu produk kopi yang khas Kaltim. "Kopi produk khas Kaltim juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kopi dari Lampung ataupun dari Aceh", ungkapnya, saat membuka acara Bimtek mewakili Kepala Disbun Kaltim.

Malinau merupakan salah satu sentra produksi kopi di Kaltim. Di daerah ini terdapat perkebunan kopi jenis robusta seluas 1.932 hektar, yang dikelola langsung oleh petani setempat. Dari luasan tersebut, telah dihasilkan 138 ton biji kering kopi. Jumlah tersebut, menurut Sudihardani masih jauh lebih kecil dibandingkan hasil produksi di daerah lain di Indonesia.

Selain diberikan bimbingan teknis, petani juga dibina dalam proses pengolahan dan pengemasan. Dari hasil pengolahan tersebut nilai tambah yang diperoleh petani menjadi lebih besar.

"Selain itu hasil produksi mereka juga akan difasilitasi dalam pemasarannya dengan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan pameran dan promosi. Dari kegiatan promosi itu, diharapkan nantinya produk kopi Kaltim mendapat permintaan dari luar Kaltim bahkan luar negeri", harap Sudihardani lagi.

Dalam kesempatan ini, dihadirkan pula dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember dan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Kaltim sebagai narasumber. (rey)

SUMBER : BIDANG USAHA

Artikel Terkait