(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Perkebunan Berperan Strategis Pacu Pertumbuhan Ekonomi

06 Juli 2018 Admin Website Berita Daerah 6078
Perkebunan Berperan Strategis Pacu Pertumbuhan Ekonomi
SAMARINDA. Terdapat lima peran penting subsektor perkebunan dalam hubungannya dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2013 – 2018 Provinsi Kaltim. Menurut Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad, perkebunan memiliki peran terkait pelaksanaan RPJMD dan transformasi ekonomi dalam mewujudkan Visi Kaltim 2030. "Sektor perkebunan menerapkan konsep green economic sebagai terjemahan RPJMD dan strategi pelaksanaan transformasi ekonomi," katanya.

Peran perkebunan itu menurut dia, sebagai penyedia bahan baku untuk mendukung industri hilir oleochemical guna meningkatkan daya saing daerah. Selain itu, kegiatan perkebunan berperan dalam pengembangan wilayah dan mengembangkan ekonomi kerakyatan. Termasuk mendukung pengembangan energi baru terbarukan serta menurunkan intensitas emisi rumah kaca.

Ujang menjelaskan sektor perkebunan dan industri crude palm oil (CPO) kian berkembang di Kaltim. Saat ini luas lahan perkebunan telah mencapai 1,34 juta hektar atau 88 persen dari luasan itu merupakan perkebunan kelapa sawit.

Pada tahun 2017 meskipun sektor pertambangan/penggalian dan pengolahan migas masih mendominasi struktur ekonomi Kaltim sebesar 46,47 %, sektor pertanian dalam arti luas telah meningkat kontribusi nya terhadap PDRB yaitu sebesar 7,82 % dan sub sektor perkebunan berkontribusi sebesar 55,75 % terhadap sektor pertanian dalam arti luas, atau 4,36 % terhadap PDRB Kaltim.

"Disamping perannya yang semakin besar dalam struktur ekonomi Kalimantan Timur Sektor perkebunan mampu menyerap 392.000 keluarga petani dan terbukti mampu penyerapan tenaga kerja serta membuka pusat pertumbuhan ekonomi  dan pengembangan wilayah", ungkap Ujang. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait