(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penutupan SL-PHT Karet Murni di Kabupaten Paser

23 November 2016 Admin Website Berita Kedinasan 2348
Penutupan SL-PHT Karet Murni di Kabupaten Paser

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim secara intensif melaksanakan kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) yang diperuntukkan bagi petani pekebun, termasuk bagi petani karet di Kabupaten Paser, baru-baru ini.

"Program peningkatan produksi komoditi perkebunan melalui SL-PHT menjadi kegiatan rutin tahunan Dinas Perkebunan. Hal ini terkait komitmen kami dalam mewujudkan program Gubernur Awang Faroek agar subsektor perkebunan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad didampingi Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto, saat penutupan SL-PHT Karet Murni di Desa Mendik Makmur, Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser.

Menurut Ujang, gangguan dari organisme pengganggu tanaman dapat menyebabkan penurunan produksi karet, bahkan mengakibatkan kematian tanaman. Sehingga melalui SL-PHT ini, kemampuan peserta diasah dalam melakukan identifikasi di kebunnya sendiri, termasuk upaya pengendalian hama dan penyakit yang berwawasan lingkungan.

"Petani bisa menjadi dokter di kebunnya sendiri dari serangan hama yang lebih menitikberatkan pada perawatan kebun yang ramah lingkungan, diantaranya dengan cara pengendalian hama dan penyakit tanpa menggunakan pestisida kimiawi," urainya.

Diterangkan, SL-PHT komoditas karet murni ini diikuti oleh 25 orang petani karet dari kelompok tani Rahayu, di kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser yang berlangsung  selama 16 kali pertemuan sejak bulan Agustus 2016 lalu. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait