(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Pengendalian Jamur Ganoderma di Desa Api Api

17 Juni 2020 Admin Website Berita Daerah 5420
Pengendalian Jamur Ganoderma di Desa Api Api

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengembangan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan (UPTD P2TP) kembali melakukan kegiatan identifikasi dan pengendalian terhadap penyakit jamur Ganoderma,SP yang menyerang tanaman kelapa sawit.

Kali ini kegiatan pengendalian dilakukan pada kebun kelapa sawit milik petani di desa Api-Api, kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara berdasarkan atas laporan yang telah disampaikan oleh regu pengendali OPT di Kabupaten sebelumnya.

"Serangan jamur ganoderma sangat membahayakan budidaya tanaman kelapa sawit karena selain mengakibatkan kematian pada tanaman, juga mempengaruhi turunnya hasil produksi. Penularannya pun relatif cepat, baik melalui persinggungan antara akar yang sakit ke akar yang sehat maupun penyebaran spora," papar Kepala UPTD P2TP, Hj. RR Zuraida Henny Hapsari, Rabu (17/06) kemarin.

Berdasarkan hasil identifikasi dan pengamatan di lokasi, Zuraida memaparkan, sebanyak 2 Ha luas tanaman karet di desa Api-Api terserang penyakit jamur ganoderma dengan kategori serangan sedang.

“Kendati kondisi tanaman masih baik, namun kegiatan pengendalian tetap dilakukan guna mencegah penyebarannya ke tanaman lain”, ungkap Zuraida lagi.

Selanjutnya, tindakan pengendalian menggunakan pestisida kimia dengan dosis 20 cc per pohonnya.

"Ditemukan pula OPT lainnya di kebun. Guna memastikannya kami mengambil beberapa sampel tubuh buah jamur tersebut. Hasilnya dapat diketahui dalam dua minggu kedepan," tuturnya.

Zuraida menambahkan, pihaknya juga melakukan identifikasi terhadap kebun kelapa sawit milik petani di desa Karang Jenawi, kecamatan Sepaku sekaligus pembinaan untuk RPO regu pengendali OPT.  (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait