Pemerintah Siapkan Roadmap Sektor Sawit
03 Desember 2010 Admin Website Artikel 335

Nusa Dua - Pemerintah akan menyusun roadmap sektor persawitan dalam rangka mengantisipasi tantangan sektor persawitan. Seluruh stakeholder akan diajak duduk bersama untuk menyusun roadmap sektor sawit mulai dari hulu hingga hilir.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan setidaknya ada beberapa hal yang menjadi isu utama sektor persawitan yaitu masalah aspek lingkungan, aspek petani, ketahanan pangan dan menyeimbangkan perspektif antara antara produsen dan konsumen.

"Bagaimana kita rekonsiliasikan semua ini, bagaimana kita membentuk roadmap," kata Mari di acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) di Nusa Dua, Bali, Jumat (3/12/2010).

Mari mengatakan jika tak disusun roadmap, akan menyebabkan masing-masing kelompok memiliki obyek yang berbeda misalnya dalam hal standar yang dilihat dari sisi produsen, konsumen, LSM dan lain-lain. Selama ini negara-negara seperti Eropa, AS, India, Chin memiliki standar tersendiri bagi sawit.

"Untuk itu pentingnya seluruh stakeholder bertemu," katanya.

Ia mencontohkan, jika ini terus terjadi tanpa ada solusi menang-menang (win-win solution) maka sudah bisa dibayangkan betapa sulitnya para petani sawit di Indonesia yang harus bersusah payah menyesuaikan produk dan pasar yang berbeda-beda.

Belum lagi jika melihatnya dari aspek keamanan pangan, mengingat sawit juga berperan dalam memberikan alternatif energi seperti pengembangan biodiesel.

"Di dunia itu kalau tidak ada standar yang diterima, akan ada standar yang berbeda, itu akan menyebabkan cost doing trade," katanya.

 

DIKUTIP DARI DETIK ONLINE, JUMAT, 3 DESEMBER 2010


Artikel Terkait