Pemerintah Pantau Pergerakan Harga CPO
16 Oktober 2012 Admin Website Artikel 270

JAKARTA. Pemerintah Indonesia masih melakukan peninjauan untuk mengambil langkah-langkah dan kebijakan terkait merosotnya harga minyak sawit mentah (crude palm oil / CPO) dunia.

"Kita lagi memantau, dan setiap bulan kita review. Jadi kalau harganya turun, bea keluarnya gimana. Itu yang akan kita sikapi kalau memang penurunan harganya cukup signifikan. Nanti akan ada upaya menyikapi bea keluarnya," tutur Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di sela-sela kegiatan World Export Development Forum di Jakarta, Senin (15/10).

Sebelumnya, pada Jumat (12/10) pemerintah Malaysia mengeluarkan kebijakan pemangkasan pajak ekspor (PE) CPO. Kebijakan ini dilakukan di tengah pembicaraan kerja sama Indonesia-Malaysia, untuk mengatur suplai CPO ke pasar internasional. Kebijakan Malaysia ini merugikan Indonesia karena berimbas pada merosotnya harga CPO di pasar dunia.

"Ini masalah suplai dan demand. Kalau pasokannya banyak, harga akan turun. Kalau harga turun akan ada upaya untuk menyikapi bea keluar. Kita akan review sebentar lagi," kata Gita. (Wta/OL-9)

DIKUTIP DARI MEDIA INDONESIA, SENIN, 15 OKTOBER 2012


Artikel Terkait