Panen Perdana OPAL Dinas Perkebunan Kukar
21 November 2019 Admin Website Berita Daerah 222
Panen Perdana OPAL Dinas Perkebunan Kukar

SAMARINDA. Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad dan jajaran mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Perkebunann Kukar di Tenggarong, Senin (18/11) kemarin.

Agenda kegiatan tersebut yaitu meninjau lokasi OPAL (Obor Pangan Lestari) milik Dinas Perkebunan Kukar sekaligus panen perdana tanaman sayuran bersama Kepala Dinas Perkebunan Kukar, H. Muhammad Taufik.

Obor Pangan Lestari (OPAL) adalah satu program diseminasi yang sedang digencarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Program ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Permentan) Nomor 10 Tahun 2019 tentang OPAL.

Ujang mengatakan kegiatan OPAL merupakan keikutsertaan Dinas Perkebunan dalam mewujudkan pangan lestari dengan memanfaatkan lahan pekarangan kantor dengan menanam berbagai komoditas sayuran dan buah.

Tujuan akhir dari program ini merupakan percontohan kepada masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah, sehingga penyediaan pangan yang bergizi dan beragam bagi keluarga tercukupi. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait