Pabrik CPO PT TBP Plantations Sudah Siap Produksi
20 Januari 2009 Admin Website Artikel 582
Direncanakan peresmian akan dilakukan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Menurut Humas PT TBP Haris yang ditemui di Gedung Sekretariat Pemerintahan Berau Senin (19/1) kemarin menyatakan bahwa secara internal TBP bahkan telah beroperasi 1 bulan yang lalu. "Secara tekhnis kita sudah siap seluruhnya hanya tinggal menunggu peresmian secara formal,"ujar Haris kepada wartawan.

Untuk rencana kedatangan Gubernur sendiri akan diagendakan untuk meninjau perumahan karyawan juga perumahan karyawan perkebunan. "Akan kita agendakan juga peletakan batu pertama pembangunan masjid bagi karyawan yang ada disekitar perusahaan," ujar Haris.

Dengan jumlah produksi yang ada saat ini untuk sementara waktu hanya melayani dalam negeri sambil melihat rasio peluang pembagian antara mengekspor keluar negeri dan melayani di dalam negeri saja. Dalam peresmian itu nanti juga akan dilakukan pengapalan perdana untuk dikirim ke Surabaya sebanyak 2000 ton.

Sebenarnya dikatakan Haris dengan luas lahan perkebunan sawit seluas 5000 hektare yang saat ini telah panen selama 1 tahun berjalan sudah mampu untuk melakukan ekspor namun untuk sementara masih melayani dalam negeri saja. Sedangkan untuk perkebunan plasma yang diperuntukan bagi masyarakat dikatakan sesuai standar pemerintah telah diberikan sebanyak 20 persen dari lahan inti. Dari lahan yang ada untuk plasma sebanyak 1350 telah menghasilkan buah dan sebagian masih belum sesuai umur sawit tertanam.

DIKUTIP DARI SAMARINDA POS, SELASA, 20 JANUARI 2009

Artikel Terkait