(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Lada Terus Dikembangkan

31 Juli 2008 Admin Website Artikel 2366
#img1# "Saat ini Disbun terus melakukan pengembangan program tanaman rakyat salah satunya lada, karena melihat setiap tahunnya, hasil lada ini cukup bagus terutama di sejumlah kecamatan yang mempunyai lahan lada potensial," jelas Kepala Disbun Wisnu Haris.

Ia mengatakan, selama ini Disbun terus melakukan pengembangan program sejumlah komoditas perkebunan rakyat dan hasilnya cukup bagus, karena 2007 lalu produksi komoditas lada ini mencapai 5.480 ton dengan perincian setiap triwulan mendapatkan hasil rata-rata 610 ton. Sedangkan 2008 hasil yang didapatkan petani perkebunan lada ini setiap bulannya meningkat 10 persen yakni 620 ton hingga 630 ton.

Sedangkan luas areal tanaman rakyat komoditas lada ini, mulai 2007 mencapai 1,134 hektare. Tahun ini terus ditingkatkan arealnya terutama kecamatan yang mempunyai potensial komoditas lada. "Dengan adanya hasil lada yang setiap bulannya meningkat dan memuaskan petani, kami secara bertahap akan melakukan perluasan tanaman lada yang diutamakan pada kecamatan yang potensial tanaman lada ini," ujar Wisnu.

Dengan pengembangan program lada ini, diharapkan tingkat kesejahteraan rakyat terus bertambah, dimana saat ini harga lada di pasaran cukup bagus. Selain itu kata Wisnu, bibit lada unggul yang saat ini akan ditanam petugas Disbun di areal tanah Disbun akan dijadikan contoh penanaman, dan hasilnya nanti akan dibagikan kepada petani lada yang ada di wilayah Berau.

Selain perluasan tanaman lada ini, pihaknya tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan melalui petugas lapangan Disbun tentang bagaimana merawat kebun lada dan mempunyai hasil yang cukup bagus. Terutama di kawasan kecamatan yang potensial perkebunan lada, karena setiap bulan pihaknya melakukan sosialisasi kepada petani sebanyak 2 kali dan petugas Disbun juga langsung mengecek tanaman lada petani.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 31 JULI 2008

Artikel Terkait