(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Lada Putih Kaltim Jadi Bibit Unggul Nasional

13 Oktober 2014 Admin Website Berita Kedinasan 6817
Lada Putih Kaltim Jadi Bibit Unggul Nasional

SAMARINDA. Lada putih asal Kaltim akan dilepas menjadi bibit unggul nasional karena selain telah menjadi plasma nutfah unggulan daerah dan menjadi sentra pengembangan lada tersebut juga sudah dikenal hingga ke mancanegara.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim mengatakan lada putih asal Kaltim setara dengan lada putih asal Bangka Belitung (Munthok white pepper) maupun lada hitam asal Lampung (Lampung black pepper).

Bahkan Kaltim sudah masuk sebagai salah satu daerah sentra pembudidayaan lada di kawasan Asia Tenggara sehingga negara-negara tetangga sudah mengenalnya karena seringnya ekspor yang dilakukan.

Etnawati yang didampingi Kepala Bidang Produksi, Sukardi melanjutkan, lada putih Kaltim merupakan salah satu komoditas perkebunan andalan yang dibudidayakan sejak zaman Belanda sehingga saat ini sudah menjadi salah satu sentra perkebunan lada.

Terdapat dua kabupaten yang menjadi sentra pengembangan lada di Kaltim, yakni di kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Lada Kaltim memiliki kesamaan dengan lada Bangka Belitung, hanya saja ada perbedaan secara genetik. Berdasarkan hasil analisis uji RAPD (random amflified polymorphic DNA) atau penentuan identitas genetik populasi tanaman lada yang dilakukan Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor.

Secara spesifik, berdasarkan observasi morfologi terhadap bentuk daun dan produktivitas tanaman antara lada Kaltim dan lada Bangka Belitung.

Tanaman lada lokal yang dikembangkan di Kukar dan PPU ini memiliki ciri yang sama dan mampu berbuah sepanjang tahun, sehingga ekspor lada terus bisa dilakukan.

Perbedaan dan ciri khas yang dimiliki lada lokal inilah yang kemudian menjadi dasar Disbun Kaltim mempersiapkan pelepasan varietas lada unggul Kaltim untuk dijadikan sumber benih unggul nasional. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PRODUKSI

Artikel Terkait