(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Kenalkan Produk UMKM Binaan, Toko Kebun Kaltim Semarakkan Kaltim Fest 2023

14 Juli 2023 PPID Berita Daerah 1077
Kenalkan Produk UMKM Binaan, Toko Kebun Kaltim Semarakkan Kaltim Fest 2023

SAMARINDA. Kaltim Fest 2023 menjadi ajang bagi instansi dan lembaga vertikal atau horizontal dalam mengenalkan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tidak ingin kalah dengan instansi lain, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim turut mengenalkan hasil olahan perkebunan dari UMKM dan petani binaan mereka.

Stand yang diberi nama "Toko Kebun Kaltim" itu tampak dihiasi dengan produk-produk olahan perkebunan dari petani di Benua Etam. Contohnya seperti olahan gula aren dan gula semut, lada, turunan kelapa sawit dan minyak kelapa, kakao, kopi, serta berbagai minuman herbal yang terbuat dari Kunyit, Jahe dan Beras Kencur.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir mengatakan bahwa dalam Kaltim Fest 2023 ini, pihaknya menampung dan menampilkan produk-produk komoditas perkebunan yang menjadi mitra binaan dari Dinas Perkebunan Kaltim.

"Jadi semua yang sudah menjadi mitra-mitra kami, produknya kita bawa semua untuk ditampilkan di Kaltim Fest 2023," sebut pria yang akrab disapa Zakkir ini, Kamis (13/7) kemarin.

Produk yang ditampilkan ini, kata Zakkir lagi, berasal dari Mitra Binaan yang tersebar di 10 kabupaten dan kota se-Kaltim. Ia menuturkan, salah satu produk olahan perkebunan yang menjadi primadona di kalangan masyarakat saat gelaran Kaltim Fest 2023 adalah gula aren dan gula semut, serta minyak kelapa.

"Bahkan untuk produk gula aren kami sempat kehabisan, sehingga terpaksa harus mengambil stok lagi," tuturnya.

Toko Kebun Kaltim garapan Dinas Perkebunan Kaltim masih akan membuka outlet nya di Kaltim Fest 2023 sampai dengan hari penutupan, yakni pada Sabtu (15/7) besok. Bagi masyarakat yang ingin membeli produk olahan perkebunan, mereka dapat mengunjungi outlet Toko Kebun Kaltim di Convention Hall Samarinda.

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait