Kembangkan Karet dan Lada
25 November 2009 Admin Website Artikel 281
Komoditas lainnya yang juga terus digenjot adalah lada. Luas areal tanaman rakyat komoditas lada yang digenjot mulai 2007 mencapai 1,134 hektare, 2009 terus ditingkatkan arealnya terutama kecamatan yang berpotensi.

Kadis Perkebunan (Kadisbun) Berau Wisnu Haris mengatakan, selain sektor perkebunan kelapa sawit yang terus dikembangkan. Pihaknya juga melakukan pengembangan kebun karet yang saat ini mulai dilakukan pembibitan. Laporan petugas pengembangan kabun karet yang dimiliki perusahaan Berau Agro Kesuma cukup bagus. Beberapa warga yang tinggal di sekitar kebun karet mendapatkan pekerjaan dengan gaji sesuai.

#img1# Adanya kebun karet tersebut diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat di Kelay dapat meningkat. Pihak perusahaan yang melakukan pengembangan perkebunan karet akan memberikan gaji sesuai dengan peraturan yang ada. Selama ini Disbun Berau terus melakukan pengembangan program sejumlah komoditas perkebunan rakyat dan hasilnya cukup bagus. Terbukti 2007 produksi komoditas lada mencapai 5.480 ton dengan perincian setiap triwulan hanya mendapatkan hasil rata-rata 610 ton. Sedangkan 2008 hasil yang didapatkan petani perkebunan lada sebanyak 7.450 ton dengan rinsian setiap bulannya meningkat 10 persen yakni 620 ton hingga 630 ton.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 21 NOPEMBER 2009

Artikel Terkait