Kaltim Tawarkan Peluang Investasi Industri Sawit ke Jepang
12 Juli 2012 Admin Website Artikel 295
TANJUNG REDEB. Pemerintah provinsi Kalimantan Timur menawarkan peluang investasi ke Jepang. Kaltim menawarkan potensi investasi diantaranya industri olahan sawit.

Duta Besar Jepang Yoshinori Katori, ke Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kaltim, untuk melihat lebih dekat salah satu pulau yang memiliki keindahan bawah laut terbaik di tanah air itu.

Kedatangan Yoshinori, tidak disia-siakan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat berada Kabupaten Berau, di tengah rangkaian perjalanan kunjungan kerja ke kabupaten dan kota di wilayah utara Kaltim hingga rencananya ke kawasan perbatasan dengan Malaysia.

"Selama ini, kerjasama kita dengan Jepang sudah sangat bagus. Neraca perdagangan Kaltim dan Jepang, sangat baik," kata Awang usai bertemu Yoshinori Katori, di rumah dinas Bupati Berau di Tanjung Redeb, Kaltim, Rabu malam (11/7/2012).

Di Kaltim, sambung Awang, investor Jepang sudah sejak lama menanamkan modalnya di sektor LNG hingga pertambangan batubara.

"Saya tadi menawarkan kepada Dubes Jepang, bahwa kita tengah mengembangkan berbagai peluang-peluang investasi. Misalnya saja, investasi kelapa sawit. Bahwa industrinya, dibangun di sini," ujar Awang.

"Demikian dengan LNG, tidak semuanya kita ekspor ke Jepang, tapi industri LNG dalam negeri yang kita kembangkan, dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam negeri," tambahnya.

Sejauh ini juga, menurut Awang, banyak warga Kaltim terbaik yang dikirim untuk menuntut ilmu di Jepang, dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

DIKUTIP DARI DETIK, KAMIS, 12 JULI 2012

Artikel Terkait