Instalasi Pengomposan Tanda Sawit
01 Juli 2011 Admin Website Artikel 343

PENAJAM. Bupati Penajam Paser Utara H Andi Harahap melakukan peletakan batu pertama pembangunan instalasi pengomposan tanda kosong kelapa sawit di areal perusahaan perkebunan PT Waru Kaltim Plantation (WKP), Waru. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang peringatan skala Penajam Paser Utara dipusatkan di basis perusahaan Astra Group itu, kemarin.

Dalam sambutannya, Menteri Negara Lingkungan Hidup Muhammmad Hatta mengatakan, hutan merupakan komponen penting bagi bumi dalam peranannya untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Ia mengajak untuk bersama-sama melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan. Hutan, kata Menteri, memberikan kontribusi penting bagi pembangunan berkelanjutan, pemberantasan kemiskinan dan juga dalam pencapaian tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), melalui tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di India, maka tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2011 adalah “Hutan Penyangga Kehidupan”.

Dia menilai laju kerusakan hutan masih lebih cepat dibandingkan dengan laju pemulihannya, kerusakan hutan sekitar 1,1 juta hektare per tahun di Indonesia, sedangkan kemampuan pemulihan lahan yang telah rusak hanya sekitar 0,5 juta hektare per tahun atau laju kerusakan hutan adalah sekitar 2 persen per tahun. Kondisi ini mengakibatkan masih terjadinya kerusakan lingkungan dan hampir seluruhnya menjadi bencana di berbagai pelosok Indonesia

Sementara Administratur PT WKP Agus Purwanto menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan terhadap pengelolaan PT WKP yang merupakan perusahaan di bidang kebun sawit.

Dikatakan Agus bahwa keberadaan PT WKP sangat membantu masyarakat dalam kesejahteraan hidup, karena hingga saat ini jumlah karyawan di PT WKP  berjumlah 1.500 orang belum termasuk anggota keluarga karyawan tersebut. ”Kami juga menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah Penajam Paser Utara yang telah berhasil meraih Piagam Adipura dengan kategori kota kecil yang diterima oleh Bupati beberapa hari lalu,”  kata Agus Purwanto.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (LH) Penajam Paser Utara Dul Azis selaku ketua panitia mengatakan, pemerintah kabupaten mengikuti pameran nasional yang diadakan oleh Menteri Lingkungan Hidup di Jakarta.”Alhamdulillah stan pameran dari Kaltim meraih juara pertama,” kata Dul Azis.

Acara kemarin dihadiri Wakil Bupati Mustaqim, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta manajemen PT WKP, kepala Dinas dan kepala Kantor dilingkungan Pemkab Penajam Paser Utara.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 1 JULI 2011

Artikel Terkait